get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan EU-ASEAN, Bertolak ke Belgia

Selasa, 13 Desember 2022 | 12:33 WIB
header img
Presiden Joko Widodo/ Foto: Biro Setpres

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Dalam rangka  berpartisipasi pada pertemuan Uni Eropa dan ASEAN (EU-ASEAN Summit) yang akan diselenggarakan pada Rabu, 14 Desember 2022, hari ini Selasa (13/12/2022) Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Brussels, Belgia.

Presiden Jokowi berangkat ke Belgia diketahui dari agenda resmi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Wapres sendiri yang akan melepas keberangkatan Presiden Jokowi di Gedung VVIP Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Banten.

Tulis agenda Wapres yang diterima menyebut pada pukul 09.00 WIB, (Wapres) melepas keberangkatan Presiden RI beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo kunjungan kerja ke Belgia.

Sementara itu, dilansir dari laman resmi EU-ASEAN pertemuan yang dilakukan para pemimpin Uni Eropa dan ASEAN di Brussels ini untuk menandai 45 tahun hubungan diplomatik keduanya.

Saat ini, Indonesia telah resmi menjadi ketua ASEAN periode 2023 sejak ditetapkan pada 13 November 2022 lalu usai upacara penutupan KTT ke-40 dan ke-41 ASEAN di Hotel Sokha Phnom Penh.

Bahkan, pada kesempatan itu Presiden Jokowi menyampaikan tiga poin penting. Pertama, Jokowi mendorong untuk menjalankan Piagam ASEAN seutuhnya. Piagam ASEAN harus menjadi pegangan untuk bergerak maju, oleh karenanya, Piagam ASEAN harus diterapkan dalam satu keutuhan dan tidak tebang pilih.

Kedua, Presiden Jokowi mendorong penguatan kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN. Menurut Presiden Jokowi, dalam 20 tahun ke depan, tantangan yang kita hadapi akan semakin berat. Hal tersebut harus dijadikan momentum untuk berbenah dan perkuat institusi dan kapasitas ASEAN.

Dan, ketiga menurut Presiden Jokowi adalah perkuat peran ASEAN dalam mewujudkan kawasan yang tangguh. Ketangguhan ASEAN akan dinilai dari cara ASEAN membangun ketahanan pangan dan energi, kemandirian kesehatan, hingga stabilitas keuangan kawasan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut