get app
inews
Aa
Read Next : Polisi Gagalkan Aksi Tawuran di Karawang Timur, Amankan 6 Remaja dan Satu Senjata Tajam

Usai Presiden Peru Dikudeta, Pengunjuk Rasa Bentrok dengan Polisi! 20 Orang Terluka

Senin, 12 Desember 2022 | 10:28 WIB
header img
Pengunjuk rasa bentrok dengan polisi usai Presiden Peru dikudeta (Foto: Time.News)

PERU, iNewsKarawang.id - Dalam bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi di kota Andahuaylas, Peru selatan di Andes pada Sabtu (10/12/2022), sedikitnya 20 orang, termasuk empat petugas polisi terluka 

Menurut laporan Kantor Ombudsman mengatakan di Twitter bahwa pihaknya sedang bekerja dengan petugas kesehatan untuk memverifikasi apakah yang terluka telah menerima "perawatan medis yang memadai di rumah sakit kota" tetapi tidak memberikan perincian tentang cedera tersebut.

Namun sejumlah orang telah ditahan dikutip CNN tetapi tidak diketahui jumlah pastinya. 

Polisi melaporkan bahwa dua anggota polisi yang ditawan oleh pengunjuk rasa kini telah dibebaskan dan sedang dievaluasi oleh tenaga medis.

Menurut informasi yang diberikan kepada media oleh Kementerian Dalam Negeri, alasan protes pada Sabtu (10/12/2022) belum jelas, tetapi Andahuaylas adalah salah satu dari beberapa kota di negara di mana penduduk turun ke jalan pada Jumat (9/12/2022) ini untuk mendukung mantan Presiden Pedro Castillo yang digulingkan awal pekan ini.

Seperti diketahui, Castillo dicopot dari kekuasaan pada Rabu (7/12/2022) setelah dia berusaha membubarkan Kongres Peru dan menyerukan pemilihan baru. Dia ditangkap karena dugaan kejahatan pemberontakan dan dimakzulkan oleh anggota parlemen dalam satu hari.

Anggota parlemen Peru menggambarkan langkah itu sebagai kudeta, dan mayoritas dari 130 orang Kongres memilih untuk memakzulkan Castillo pada hari yang sama, yang diakhiri dengan pengambilan sumpah Dina Boluarte ke posisi teratas.

Presiden baru Peru mengesampingkan pemilihan dini pada Kamis (8/122022) pada hari pertamanya menjabat setelah pencopotan dan penangkapan pendahulunya secara dramatis.

Castillo juga saat ini sedang dalam penahanan awal selama tujuh hari yang diperintahkan oleh Mahkamah Agung pada Kamis (8/12/2022) setelah menganggapnya sebagai risiko penerbangan.

Castillo telah menghadapi serangkaian penyelidikan tentang apakah dia menggunakan posisinya untuk menguntungkan dirinya sendiri, keluarganya, dan sekutu terdekatnya dengan menjajakan pengaruh untuk mendapatkan bantuan atau perlakuan istimewa, di antara klaim lainnya.

Dia telah berulang kali membantah semua tuduhan dan menegaskan kembali kesediaannya untuk bekerja sama dengan penyelidikan apa pun. Dia berpendapat tuduhan itu adalah hasil dari perburuan terhadap dia dan keluarganya dari kelompok yang gagal menerima kemenangan pemilihannya.

Kantor Ombudsman menegaskan kembali “seruan kepada penduduk untuk tidak menggunakan cara-cara kekerasan selama protes mereka” dan meminta Kepolisian Nasional bahwa “setiap tindakan untuk memulihkan ketertiban umum harus dilakukan dalam kerangka hukum penggunaan kekuatan.”

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut