Logo Network
Network

Wapres Ingatkan : Jejaring Terorisme Masih Terus Bergerak !

Binti Mufarida , Sindonews
.
Kamis, 08 Desember 2022 | 08:34 WIB
Wapres Ingatkan : Jejaring Terorisme Masih Terus Bergerak !
Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Biro Pers Setwapres)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Bibit-bibit jaringan terorisme di Indonesia masih terus bergerak. Terbukti dengan adanya bom bunuh diri yang terjadi di Polsek Astana Anyar, Bandung, kemarin.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan hal itu melalui Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dikutip dari keterangannya, Kamis (8/12/2022).

Wapres kata Masduki mengatakan, pelaku bernama Agus Sujatno alias Agus Muslim seorang mantan narapidana kasus bom Cicendo, Jawa Barat. Pelaku terafiliasi jaringan terorisme Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Kejadian seperti ini, maka jelas bahwa bibit-bibit, jejaring-jejaring terorisme yang mengatasnamakan agama itu bukan saja masih ada, tetapi terus bergerak. Dan terutama aparat keamanan khususnya polisi yang dijadikan sasaran,” katanya. 

Wapres kata Masduki meminta agar pendekatan hulu hilir dalam pemberantasan terorisme terus dilakukan. Terutama peran dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk melakukan pendekatan-pendekatan sehingga bibit terorisme tidak semakin tumbuh subuh.

“(Wapres) kira pendekatan hulu hilir harus terus dilakukan. Pendekatan yang sifatnya hilir adalah pendekatan-pendekatan keamanan diselidiki dan macam-macam,” katanya.

Pendekatan hulu, kata Masduki, bagaimana dilakukan penyadaran-penyadaran literasi tentang bahwa apa yang dilakukan oleh pihak-pihak yang melakukan terorisme adalah menyalahi agama. 

“Mereka salah menginterpretasikan agama, itu salah besar dan itu juga mencederai Islam,” ucapnya.

“Juga bahwa ada sering pihak-pihak yang menyatakan bahwa oh yang namanya terorisme itu nggak ada, tapi diada-adakan ya ini buktinya, bahwa ini benar-benar ada, bukan tidak ada. Ini saya kira satu soal yang perlu diselesaikan secara komprehensif dengan berbagai latar belakangnya, gimana caranya saya bisa kita amputasi habis,” pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini