Logo Network
Network

Transaksi Serba Sat Set, Ini Cara Pakai Uang Rupiah Digital

Michelle Natalia , Sindonews
.
Senin, 05 Desember 2022 | 17:28 WIB
Transaksi Serba Sat Set, Ini Cara Pakai Uang Rupiah Digital
Rupiah. (Foto: Freepik)

"Para pemain besar, baik perbankan maupun non bank yang giat dalam pelayanan jasa sistem pembayaran akan kita pilih, siapa yang layak menjadi distributor digital rupiah. Jadi BI akan membangun khazanah digital rupiah. Isinya adalah platform teknologi, kita tidak akan bilang dimana dan seberapa besar, itu rahasia, isinya coding-coding digital rupiah," tegas Perry.

Khazanah ini, sebut Perry, yang kemudian akan disambungkan dengan pemain-pemain besar bank maupun non bank yang disebut wholesaler dan distributor.

Dari khazanah digital rupiah dengan masing-masing distributor dan wholesaler ini, akan disambungkan dengan blockchain atau distributed ledger technology (DLT).

"Jadi kalau nanti bank A dan bank B mau mindahin dari rekening biasa ke rekening digital, teng uwis rampung. Karena langsung terdistribusi secara digital, antara bank dan non bank yang mau bertransaksi juga langsung karena masing-masing sudah memiliki bagian dari integrated DLT atau blockchain, jadi instan, dalam hitungan detik. Bahkan antar wholesaler juga bisa bertransaksi secara digital," paparnya.

Kemudian, wholesaler sesuai kesiapannya akan diberikan mandat sebagai retailer.

Hanya saja, BI bisa langsung ke retailer jika para pelaku wholesaler tidak mampu melayani, seperti sekarang BI tetap melayani masyarakat di wilayah 3T atau remote areas.

"Kalau di sana pelaku distributornya tidak mampu, BI bisa langsung menjalankan fungsi retail di sana. Kalau ada segmen-segmen masyarakat yang belum bisa dipenuhi oleh mereka, BI bisa langsung menjadi retailer," pungkas Perry.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.