Logo Network
Network

Waduh! Belimbing Ternyata Berbahaya Bagi Penderita Ginjal, Begini Penjelasannya

Martin Bagya Kertiyasa , Okezone
.
Kamis, 24 November 2022 | 12:16 WIB
Waduh! Belimbing Ternyata Berbahaya Bagi Penderita Ginjal, Begini Penjelasannya
Ilustrasi Buah Belimbing. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Para penderita penyakit ginjal harus memerhatikan pola makan serta tidak boleh makan sembarangan. Hal ini lantaran pada pengidap sakit ginjal memiliki organ yang tak berfungsi dengan normal yang mengakibatkan tidak dapat mengeluarkan kelebihan kalium dari dalam tubuh.

Kalium yang menumpuk di dalam tubuh kemudian berubah menjadi racun yang makin merusak ginjal. Nah, salah satu yang tidak boleh dikonsumsi adalah belimbing, karena mengandung beragam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu mineral yang paling banyak terkandung di dalam belimbing adalah kalium alias potassium. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, satu buah belimbing berukuran sedang dengan bobot 100 gram, mengandung 130 mg kalium.

Karena ketidaktahuan, buah belimbing akhirnya termakan juga oleh penderita sakit ginjal. Kalau sudah begini, segera mengonsumsi air putih untuk menetralkan kondisi.

“Bisa minum air putih untuk pertolongan pertamanya. Tetapi tidak boleh terlalu banyak dan berlebihan juga minum air putihnya,” ujar dr. Arina seperti dilansir dari KlikDokter.

“Penderita sakit ginjal juga tidak boleh kelebihan cairan di dalam tubuh karena bisa menumpuk dan menyebabkan kerusakan organ lain, seperti jantung,” tambah dia.

Biar aman, Anda bisa melakukan cek darah untuk mengukur kadar potasium. Jika terbukti tinggi, dokter bisa meresepkan obat untuk membantu menurunkan kadarnya dan mengeluarkan kelebihan potasium tadi.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Hati-Hati, Belimbing Bisa Jadi Racun bagi Penderita Ginjal

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini