get app
inews
Aa
Read Next : Kehilangan 9 Pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023, Kabarnya Shin Tae-yong Ngamuk?

FIFA Kantongi Rp117,75 Triliun dari Keuntungan Penyelenggaraan Piala Dunia 2022

Senin, 21 November 2022 | 14:07 WIB
header img
Piala Dunia 2022 resmi bergulir tadi malam. Ternyata, gelaran Piala Dunia 2022 memberikan keuntungan fantastis kepada FIFA. (foto: AP).

DOHA, iNewsKarawang.id - Piala Dunia 2022 ternyata memberikan tambahan cuan fantastis untuk federasi sepakbola dunia FIFA.

Piala Dunia 2022 yang baru saja dibuka tadi malam ternyata menghasilkan uang yang sangat besar.

Total revenue (pendapatan) dari pagelaran tersebut disebut mencapai USD7,5 miliar atau Rp117,75 triliun. Menurut laporan media Qatar, Al Jazeera, keuntungan dari Piala Dunia 2022 ini lebih banyak USD1 miliar (Rp15,7 triliun) dari yang didapatkan edisi 2018 di Rusia.

Data pendapatan itu disampaikan FIFA kepada para pejabat dari lebih 200 negara anggotanya, Minggu kemarin. Total pendapatan itu berasal dari berbagai sektor.

Penghasilan tambahan didapat dari kesepakatan komersial dengan tuan rumah tahun ini. Qatar Energy bergabung sebagai sponsor tingkat atas, dan sponsor tingkat ketiga yang baru termasuk bank QNB Qatar dan perusahaan telekomunikasi Ooredoo.

Bukan itu saja, FIFA menambahkan penawaran sponsor tingkat kedua tahun ini dari platform keuangan crypto.com dan penyedia blockchain Algorand, sponsor Amerika baru pertamanya dalam lebih dari satu dekade.

Kesepakatan siaran utama untuk Piala Dunia tahun ini ditandatangani selama kepresidenan Sepp Blatter dalam kesepakatan dua turnamen untuk acara Rusia dan Qatar. Itu termasuk kesepakatan dengan Fox di Amerika Serikat dan penyiar Qatar BeIN Sports dari 2011.

FIFA membayar panitia pelaksana negara tuan rumah, hadiah uang, perjalanan dan akomodasi untuk tim dan staf pendukung. Mereka juga mengucurkan dana untuk membantu mengembangkan olahraga di negara tuan rumah setelah Piala Dunia berakhir nanti.

Juara Piala Dunia 2022 ini akan kecipratan hadiah senilai USD44 juta (Rp690,96 miliar) dari total USD440 (Rp6,9 triliun).

FIFA juga memastikan paket sponsor pada Piala Dunia 2022 sudah sold out. Slot tujuh mitra FIFA, tujuh sponsor utama Piala Dunia, serta sponsor regional di masing-masing lima wilayah FIFA yakni Eropa, Asia-Pasifik, Timur Tengah dan Afrika Utara, Amerika Utara, dan Amerika Selatan, semuanya sudah terisi.

Federasi Sepak Bola dunia itu memang terkenal jago dalam mengatur akunnya dalam siklus empat tahun di setiap Piala Dunia. Untuk siklus 2015-2018 menjelang Piala Dunia Rusia, badan pengelola menghasilkan USD6,4 miliar (Rp100,4 triliun).

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut