Logo Network
Network

7 Deretan Makanan Agar Kulit Sehat Terawat, Salah Satunya Brokoli

Kiki Oktaliani , MNC Portal
.
Jum'at, 18 November 2022 | 14:16 WIB
7 Deretan Makanan Agar Kulit Sehat Terawat, Salah Satunya Brokoli
7 Deretan Makanan Agar Kulit Sehat Terawat. (Foto: Okezone)

5. Brokoli

Brokoli penuh dengan banyak vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit, termasuk seng, vitamin A, dan vitamin C. Brokol juga mengandung lutein, karotenoid yang bekerja seperti beta karoten. Lutein membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan keriput.

Tapi kuntum brokoli juga mengandung senyawa khusus yang disebut sulforaphane, yang menawarkan beberapa manfaat potensial yang mengesankan. Bahkan mungkin memiliki efek anti kanker, termasuk pada beberapa jenis kanker kulit.

Sulforaphane juga merupakan agen pelindung yang kuat terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Ini bekerja dengan dua cara: menetralkan radikal bebas berbahaya dan menyalakan sistem pelindung lain di tubuh Anda.

Dalam uji laboratorium, sulforaphane mengurangi jumlah sel kulit yang terbunuh oleh sinar UV sebanyak 29%, dengan perlindungan bertahan hingga 48 jam. Penelitian menunjukkan sulforaphane juga dapat membantu menjaga kadar kolagen di kulit Anda.

6. Tomat

Tomat adalah sumber vitamin C yang bagus dan mengandung semua karotenoid utama, termasuk likopen. Beta karoten, lutein, dan likopen telah terbukti melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Mereka juga dapat membantu mencegah kerutan.

Karena tomat kaya akan karotenoid, tomat merupakan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Pertimbangkan memasangkan makanan kaya karotenoid seperti tomat dengan sumber lemak, seperti keju atau minyak zaitun. Lemak meningkatkan penyerapan karotenoid Anda.

7. Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon, kategori senyawa tumbuhan yang dapat meniru atau memblokir estrogen dalam tubuh Anda. Isoflavon dapat bermanfaat bagi beberapa bagian tubuh Anda, termasuk kulit Anda.

Satu studi kecil yang melibatkan wanita paruh baya menemukan bahwa makan isoflavon kedelai setiap hari selama 8-12 minggu mengurangi kerutan halus dan meningkatkan elastisitas kulit.

Pada wanita pascamenopause, kedelai juga dapat memperbaiki kekeringan kulit dan meningkatkan kolagen, yang membantu menjaga kulit tetap halus dan kuat.

Isoflavon ini tidak hanya membantu melindungi sel-sel di dalam tubuh Anda dari kerusakan, tetapi juga kulit Anda dari radiasi UV — yang dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker kulit.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Mau Kulit Sehat? Coba Konsumsi 7 Makanan Ini

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini