Wajahmu Terlihat Boros? Ternyata Begini 5 Penyebabnya, Salah Satunya Menggosok Mata

Vivin Lizetha , Okezone
.
Rabu, 16 November 2022 | 18:00 WIB
Ilustrasi. (Foto: okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Sebagian wanita terlihat lebih tua dibandingkan usianya saat ini. Tentunya merekapun ingin terlihat lebih muda dengan melakukan berbagai perawatan wajah agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Namun ternyata perawatan saja tak cukup. Anda harus menghindari beberapa hal ini untuk membuat wajah Anda selalu fresh, muda, tak boros, dan bercahaya.

Dikutip dari Every Day Health, berikut hal yang harus dihindari agar wajah selalu terlihat muda.

1. Menggosok mata

Kantung mata adalah bagian dari proses penuaan alami dan terjadi saat otot pada bagian mata melemah. Jika sesekali dilakukan mungkin tak masalah. Namun jika sering terjadi dan berulang terus menerus, dapat meningkatkan peradangan dia rea tersebut.

“Menggosok mata secara terus-menerus dapat memengaruhi garis di sekitar mata Anda,” kata Tanya Nino, MD , dokter kulit asal California.

2. Kurang tidur

Tidur itu penting baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Jika kurang tidur, proses pembaharuan pada kulit menajdi menurun. Kurang tidur dapat terlihat di wajah Anda seiring waktu. Sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2015 di Clinical and Experimental Dermatology, memperlihatkan orang yang kurang tidur akan meningkatkan tanda-tanda penuaan, fungsi penghalang kulit yang lebih buruk, dan kepuasan yang lebih rendah dengan penampilan.

3. Minum dengan sedotan

Ternyata hal remeh ini juga dapat membuat kulit tampak lebih tua. Saat menyeruput sedotan, otot-otot di sekitar bibir akan aktif. "Semakin kita mengaktifkan otot-otot itu, semakin besar kemungkinan kita mendapatkan lipatan di kulit," dikutip dari Every Day Health. Itu alasan yang sama mengapa perokok juga membuat seseorang tampak lebih tua.

4. Sering stres

Jika seseorang stres, tubuh akan memompa hormon stres tanpa henti. Ini akan menyebabkan penuaan dini. Tak hanya pada kesehatan, tapi juga pada penampilan wajah. “Kortisol , hormon stres utama, memecah kolagen, yang menyebabkan kulit kendur dan keriput serta menyebabkan peradangan,” kata Amy Wechsler, MD , dokter kulit dan psikiater asal New York City.

5. Tidak menggunakan tabir surya

Beberapa wanita hanya mengandalkan kosmetik yang mengandung tabir surya. Padahal itu tak cukup melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet. Ini akan menimbulkan garis halus, bintik coklat, pembesaran pori-pori dan kerutan pada wajah. Seharusnya, gunakan tabir surya yang memang khusus berfungsi untuk melindungi wajah dari sinar UV.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Kenali 5 Penyebab Wajah Terlihat "Boros," Sering Minum Pakai Sedotan Salah Satunya!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini