get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

5 Deretan Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Meningkatkan Energi

Rabu, 09 November 2022 | 17:12 WIB
header img
Buah rambutan. (Foto: okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Salah satu buah yang cukup terkenal di Indonesia adalah rambutan. Rambutan memiliki ciri-ciri kulit buah yang berambut, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Meskipun ukurannya kecil, buah rambutan mengandung banyak vitamin C serta nutrisi lainnya yang dapat meningkatkan kekebalan dan mengeluarkan racun dari tubuh Anda.

Tak hanya itu saja, Rambutan juga mengandung tembaga, mineral lain yang bekerja bersama-sama dengan zat besi untuk meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan sel darah Anda karena juga merupakan sumber zat besi yang baik.

Seratus gram rambutan mengandung sekitar 84 kalori. Selain itu 100 gram buah ini juga mengandung 40 persen vitamin C yang Anda butuhkan setiap hari dan sekitar 28 persen zat besi. Dan berikut 5 manfaat buah rambutan menukil dari laman Stylecraze:

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Fosfor dalam rambutan berperan di sini. Buah ini mengandung jumlah fosfor yang baik, yang membantu dalam pembentukan tulang dan pemeliharaannya. Vitamin C dalam rambutan juga berkontribusi untuk kesehatan tulang.

2. Meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut

Sifat antibakteri dalam buah rambutan dapat mengobati ketombe dan masalah kulit kepala lainnya seperti gatal. Dan vitamin C dalam buahnya bisa menyehatkan rambut dan kulit kepala.

Tembaga dalam rambutan mengobati kerontokan rambut. Ini juga mengintensifkan warna rambut dan mencegah uban dini. Rambutan juga mengandung protein yang dapat menguatkan akar rambut. Vitamin C juga dapat membuat rambut Anda lebih bersinar.

3. Meningkatkan energi

Rambutan mengandung karbohidrat dan protein, yang keduanya dapat memberikan dorongan energi saat dibutuhkan. Gula alami dalam buah juga membantu dalam aspek ini.

4. Dapat membantu mencegah kanker

Rambutan merupakan salah satu buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi, yang cukup beralasan untuk dikatakan dapat mencegah kanker. Antioksidan ini dapat melawan peradangan dan melindungi sel-sel dalam tubuh agar tidak terpengaruh.

Vitamin C dalam buah juga membantu dalam hal ini. Ini menetralkan radikal bebas berbahaya dan menawarkan perlindungan terhadap berbagai bentuk kanker.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan serat yang tinggi pada rambutan berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, buah rambutan juga membantu meringankan hipertensi dan menurunkan kadar kolesterol yang keduanya dapat merusak jantung.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Selain Manis, Ini 5 Manfaat Makan Rambutan untuk Kesehatan

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut