get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Obati Hernia dengan Daun Sirih! Apakah Bisa? Begini Penjelasannya

Senin, 07 November 2022 | 10:07 WIB
header img
Ilustrasi daun sirih. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai daun sirih. Daun sirih memiliki banyak manfaat, daun ini sangat dipercaya dapat mengobati penyakit. Salah satunya adalah hernia. Namun, benarkan daun sirih dapat mengobati hernia?

Hernia adalah kondisi ketika organ dalam menonjol melalui dinding otot atau jaringan yang biasa menampungnya. Kebanyakan hernia terjadi di dalam rongga perut, antara dada dan pinggul.

Pada jenis hernia yang umum terjadi yaitu hernia inguinalis dan femoralis, dipicu karena melemahnya otot yang mungkin sudah terjadi sejak lahir atau terkait dengan penuaan dan ketegangan beruang pada daerah perut dan selangkangan.

Ketegangan yang dimaksud bisa berasal dari aktivitas fisik, obesitas, kehamilan, sering batuk, atau mengejan di toilet karena sembelit. Itu kenapa, tidak disarankan mengejan terlalu kencang saat BAB karena berisiko sebabkan hernia.

Lantas apakah daun sirih bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan hernia? Melansir Cleveland Clinic,Kamis (13/102/2022) jika mengacu pada terapi medis, umumnya dokter akan menyarankan tiga pilihan penanganan hernia yakni operasi terbuka, sayatan dibuat ke dalam tubuh di lokasi hernia berada. Lalu, operasi laparoskopi yang melibatkan jenis perbaikan yang sama namun sayatan yang dibuat kecil.

Lalu terapi penyembuhan secara medis yang ketiga, adalah perbaikan hernia robotik. Sama sepertilaparoskopi yang menggunakan teknologi canggih, terapi ketiga ini juga dilakukan dengan robot dan dengan sayatan kecil. 

Nah, apakah daun sirih bisa mengatasi hernia? Sayangnya, tidak ada literatur ilmiah yang mengungkapan hal tersebut. Artinya, belum dipastikan kebenarannya bahwa daun sirih bisa sembuhkan hernia.

Menurut laporan Kementerian Kesehatan, daun sirih memang sudah banyak dipakai di masyarakat sebagai terapi tradisional mengatasi masalah kesehatan. Tapi, tidak ada satu literatur pun yang mengatakan bahwa daun sirih bisa untuk atasi hernia.

Berdasarkan hasil uji praklinik yang dilakukan peneliti Litbangkes Kemenkes, ada lebih dari 10 manfaat daun sirih. Misalnya saja menjaga kebersihan dan kesehatan area mulut karena daun sirih bisa dijadikan obat kumur.

Lalu, daun sirih juga dapat dimanfaatkan sebagai antimikroba karena mampu melawan aktivitas S. pyroge, S. aureus, P. vulgaris, E. coli, dan P. aeruginosa.

Daun sirih juga bersifat bakterisid terhadap bakteri penyebab infeksi saluran kemih seperti E. faecalis, C. koseri, C. fruendi, K. pneumoniae, dan lainnya.

Kemudian, daun sirih bisa dipakai sebagai antioksidan, antikanker atau antitumor, mengatasi malaria, antiinflamasi, anti diabetes melitus, analgesik, mengatasi gangguan fungsi hati, anti ulcer, anti alergi, bahkan anti plak gigi.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Adakah Cara Mengobati Hernia dengan Daun Sirih? Cek Faktanya!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut