Simak Bacaan Doa Qunut Subuh

Tim Okezone
.
Minggu, 06 November 2022 | 11:36 WIB
Bacaan Doa Qunut. (Foto : Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Sebagian seorang umat muslim baik di negara Indonesia maupun diluar negeri, saat melaksanakan sholat subuh, ada yang menggunakan bacaan doa qunut dan ada juga yang tidak. Beberapa orang ulama terdahulu juga memiliki suatu opini yang berbeda-beda mengenai kesunahan membaca doa qunut saat Sholat Subuh, di antaranya yaitu:

A. Menurut pengikut Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad doa qunut Salat Subuh hukumnya tidak disunahkan, karena hadits Nabi SAW bahwa ia pernah melakukan doa qunut pada saat Salat Fajar selama sebulan telah dihapus (mansukh) dengan ijmak.

B. Menurut pengikut Imam Malik (Malikiyyah) doa qunut Salat Subuh hukumnya sunah, tetapi disyaratkan pelan saja (sirr).

C. Sedangkan menurut Syafi’iyyah, hukumnya sunah ab’adl (jika lupa atau tertinggal sunah sujud sahwi). Dilakukan pada rakaat kedua salat Subuh. Sebab Rasulullah SAW ketika mengangkat kepala dari rukuk (i’tidal) pada rakaat kedua Sholat Subuh membaca qunut.

Sementara itu hadits riwayat Ibnu Mas'ud juga menjelaskan hal serupa:

رَوَى ابنُ مَسْعُوْدٍ: أَنَّهُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَنَتَ فِيْ صَلاَةِ الفَجْرِ شَهْراً ثُمَّ تَرَكَهُ

Artinya: Diriwayatkan oleh Ibn Mas’ud: “Bahwa Nabi Muhammad SAW telah melakukan doa qunut selama satu bulan untuk mendoakan atas orang-orang Arab yang masih hidup, kemudian Nabi SAW meninggalkannya.” (HR. Muslim).

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini