Simak Bacaan Doa Niat Sholat Maghrib dan Tata Caranya

Hartono/ Net
.
Minggu, 06 November 2022 | 11:28 WIB
Niat sholat magrib beserta dengan tata caranya. (Foto : Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Bacaan doa niat Sholat Maghrib yaitu merupakan salah satu yang wajib menjadi perhatian seorang kaum Muslimin sebelum menunaikan ibadah wajib. Sholat Maghrib merupakan salah satu dari sholat lima waktu yang wajib dilaksanakan oleh seorang umat Islam pada setiap harinya.

Melaksanakan Sholat Maghrib  yaitu dimulai ketika matahari tenggelam. Hal ini disepakati oleh para ulama. Waktu akhirnya yaitu saat cahaya merah di ufuk barat telah hilang.

Dikutip dari laman Rumaysho, Senin (15/11/2021), disunahkan menyegerakan melakukan Sholat Maghrib di awal waktu. Hal ini berdasarkan hadis dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu:

لاَ تَزَالُ أُمَّتِى بِخَيْرٍ – أَوْ قَالَ عَلَى الْفِطْرَةِ – مَا لَمْ يُؤَخِّرُوا الْمَغْرِبَ إِلَى أَنْ تَشْتَبِكَ النُّجُومُ

"Umatku akan senantiasa dalam kebaikan (atau fitrah) selama mereka tidak mengakhirkan waktu Sholat Maghrib hingga munculnya bintang (di langit)." (HR Abu Daud Nomor 418 dan Ahmad, 5:421. Syekh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadis ini hasan karena adanya Muhammad bin Ishaq)

Adapun tata cara Sholat Maghrib sendiri dan berjamaah adalah sebagai berikut, lengkap dengan doanya:

1. Berniat di dalam hati. Diniatkan mengerjakan Sholat Magrib sebagai imam/makmum semata-mata karena Allah Subhanahu wa ta'ala.

2. Takbiratul ihram yaitu bertakbir sebagaimana sholat biasa.

أللهُ أَكْبَرْ

Ketika takbir sunah mengangkat kedua tangan. Bagi laki-laki dengan cara posisi tangan berada di atas pundak, jari-jari agak direnggangkan, ujung jari-jari diluruskan dengan daun telinga bagian atas dan condong ke arah kiblat.

3. Membaca doa iftitah.

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Artinya: "Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang." (HR Muslim 2/99)

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini