get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Karawang Juara 1 Investasi se-Jabar Tapi Gagal Serap Tenaga Kerja

Kamis, 03 November 2022 | 17:13 WIB
header img
Kepala BPMPTSP (Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Karawang Eka Sanatha. (Foto: Faizol Yuhri)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Kabupaten Karawang duduk di peringkat pertama se-Jawa Barat dalam realisasi investasi triwulan ketiga tahun 2022 dengan nilai investasi mencapai Rp10,04 triliun. Capaian dari Juli sampai September 2022 tersebut mengalahkan capaian triwulan ketiga Kabupaten Bekasi yang duduk di peringkat kedua dengan angka investasi Rp7,85 triliun.

Kepala BPMPTSP (Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Karawang Eka Sanatha menuturkan naiknya angka investasi secara signifikan disebabkan oleh dua faktor. Pertama faktor kondusivitas di kawasan industri yang menyebabkan investor tertarik berinvestasi di Karawang. Sedangkan faktor kedua adalah investasi besar-besaran dari perusahaan mobil listrik.

Eka mengakui dalam tiga bulan terakhir ini nyaris tidak ada demonstrasi di kawasan industri Karawang. Hal ini menyebabkan situasi kondusif dan menarik investasi.

"Di triwulan tiga, industri kendaraan bermotor dan alat transportasi memasukkan investasi sebesar Rp2 triliun. Sedangkan di peringkat kedua ada industri kertas dan percetakan yang memasukkan investasi sebesar Rp1,9 triliun," kata Eka kepada wartawan, Kamis (3/11).

Meski begitu, kenaikan signifikan capaian investasi tidak dibarengi dengan serapan tenaga kerja.

"Karena investasi yang masuk didominasi sektor padat investasi, bukan padat karya," sambungnya.

Dari total capaian investasi yang masuk ke Karawang sejak Januari sampai September 2022 sebesar Rp25 triliun, hanya menyerap 7.956 tenaga kerja.

"Investasi penanaman modal dalam negeri menyerap 1.320 tenaga kerja, sedangkan penanaman modal asing menyerap 6.636 tenaga kerja," katanya.

Sementara itu secara keseluruhan, Kabupaten Bekasi masih duduk di posisi pertama peringkat realisasi investasi se-Jawa Barat sepanjang tahun 2022 dengan capaian Rp35 triliun. Di peringkat kedua duduk Kabupaten Karawang dengan capaian Rp25 triliun. Dan peringkat ketiga diduduki Kabupaten Bogor dengan realisasi Rp10 triliun.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut