get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ternyata Memegang Perut Dapat Membantu Mengetahui Kehamilan Lho! Simak 10 Tipsnya

Senin, 31 Oktober 2022 | 13:37 WIB
header img
Ilustrasi hamil. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai tips mengetahui kehamilan hanya dengan memegang perut. Selain menggunakan test pack, memegang perut juga dapat menjadi salah satu tes kandungan.

Setiap wanita memang memiliki pola kehamilannya masing-masing. Ada yang tingkat kesuburannya tinggi sehingga sel telur yang dibuahi oleh sperma tumbuh dan berkembang dengan pesat hingga membentuk janin yang sehat.

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang ibu untuk mengetahui apakah sedang mengandung sang buah hati yang ditunggu-tunggu, termasuk cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut.

Penting juga bagi perempuan yang baru menikah untuk sadar dengan kondisi kehamilannya sedini mungkin. Hal tersebut dimaksudkan agar calon ibu tidak membahayakan buah hati tercinta secara tidak sengaja.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Kamis (9/6/2022) telah merangkum cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut, sebagai berikut.

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

1. Timbul Rasa Mual dan Muntah saat Perut Ditekan

Tekan sedikit pada bagian perut, jika bunda merasa mual dan ingin muntah, maka ini bisa menjadi pertanda bahwa sedang hamil. Rasa mual dan ingin muntah tersebut akan meningkat seiring bertambahnya usia kandungan.

Dengan bertambahnya usia kandungan, bunda akan lebih sering merasakan gejala ini terlebih saat mencium aroma yang menyengat. Gejala yang sama juga akan ditunjukkan oleh orang dengan sakit maag. Maka dari itu, melakukan check up ke dokter adalah salah satu solusi terbaik yang harus dilakukan selanjutnya.

2. Perut Terasa Kram saat Ditekan

Kram di awal kehamilan mirip dengan kram menstruasi, tetapi dapat juga terjadi pada perut bagian bawah. Kram ini dapat bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan selama kehamilan. Kram yang disertai bercak menjadi salah satu ciri-ciri hamil. Sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan, blastokista akan ditanamkan di endometrium atau lapisan rahim. Hal ini dapat menyebabkan pendarahan implantasi dan kram di perut.

3. Terasa Kembung saat Perut Dipegang

Mengetahui kehamilan dengan memegang perut lantas terasa kembung sering dilakukan oleh kebanyakan perempuan. Gejala perut kembung pada perempuan hamil akan disertai dengan perut yang terasa kencang dan tidak nyaman saat dipegang. Hal ini dikarenakan meningkatnya kadar progesteron sehingga membatasi kerja otot disekitarnya untuk tetap rileks.

4. Rahim Mengencang saat Menekan Perut

Jika merasa rahim mengencang ketika perut ditekan, maka bisa jadi ini adalah salah satu tanda adanya janin yang tumbuh di dalam perut. Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut berikut paling sering dilakukan ibu mengandung. Jika hal tersebut terjadi, tak perlu khawatir sebab gejala satu ini wajar dialami. Saat positif mengandung, bunda akan mengalami gejala ini setidaknya selama 12 minggu awal kehamilan.

5. Terasa Ingin Buang Air Kecil saat Perut Ditekan

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut selanjutnya adalah ketika ditekan akan merasa ingin kencing. cara mengetahui hamil 3 hari atau lebih ini merupakan kondisi dimana janin di dalam perut akan semakin membesar dan berkembang, sehingga akan membuat kandung kemih yang dimiliki sang ibu akan terdesak.

Jika terdesak, akibatnya adalah sering buang air kecil. Pada trimester pertama adalah yang paling sering membuat ibu sering bolak-balik ke kamar mandi. Perubahan hormon yaitu mulainya memproduksi hormon hCG dalam perut ibu hamil adalah salah satu pemicunya selain semakin membesarnya janin yang dikandung

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut