get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Simak Manfaat Berdoa Setelah Azan

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 11:56 WIB
header img
Manfaat berdoa setelah azan. (Foto : Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Manfaat berdoa setelah azan yang harus diketahui oleh seorang kaum Muslimin. Kumandang  azan terdengar dari musala atau masjid lima kali dalam sehari memanggil seorang kaum Muslimin untuk segera melakukan sholat berjamaah. Namun sebelum melaksanakan salat, seorang muslim dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu saat mendengar adzan dan setelah azan berakhir .

Lantas apa yang harus kita lakukan saat azan sedang berkumandang? Saat muadzin mengumandangkan azan satu persatu maka jawablah sesuai apa yang disebutkan muadzin.

Dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, bacaan doa mendengar adzan yaitu: 

- يَقُوْلُ مِثْلَ مَا يَقُوْلُ الْمُؤَذِّنُ إِلاَّ فِيْ (حَيََّ عَلَى الصَّلاَةِ وَ حَيََّ عَلَى الْفَلاَحِ) فَيُبْدِلُهُمَا: لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

“Seseorang yang mendengarkan adzan, hendaklah mengucapkan sebagaimana yang diucapkan oleh muadzin, kecuali dalam kalimat: Hayya ‘alash shalaah dan Hayya ‘alal falaah. Maka mengucapkan: ’Laa haula wala quwwata Illa billah’.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal menjelaskan setelah azan selesai dikumandangkan maka, kaum Muslimin yang mendengarkan azan tadi dapat mengucapkan sholawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Allahumma sholli ‘ala Muhammad atau membaca shalawat ibrahimiyyah seperti yang dibaca saat tasyahud.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut