get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Selain Menggunakan Test Pack, Begini 10 Cara Mengetahui Kehamilan! Yuk Simak

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 11:34 WIB
header img
Ilustrasi hamil. (Foto: okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Kebanyakan orang yang ingin mengetahui kehamilan biasanya menggunakan test pack, namun ternyata ada 10 cara mengetahui kehamilan. Salah satunya dengan memegang perut sebagai bentuk deteksi kehamilan pada ibu.

Tentunya hal ini menjadi penting karena dengan mengetahui kondisi kehamilan secara cepat, kita dengan sigap bisa segera berkonsultasi ke dokter kandungan. 

Penasaran? Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (18/9/2022), simak berikut ulasannya.

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut:

1. Perut terasa kurang nyaman saat ditekan 

Perut bunda hamil akan terasa tidak nyaman saat ditekan. Kondisi ini disebabkan karena perubahan hormon tubuh. Selain itu, rasa tidak nyaman bisa disebabkan perut terasa kencang. 

Hal ini disebabkan janin mulai berkembang di awal kehamilan. Bunda perlu waspada bila merasakan perut kencang disertai rasa sakit di minggu-minggu pertama kehamilan ya. Perut kencang disertai kram dan pendarahan hebat bisa menjadi tanda keguguran.

2. Terasa kembung saat perut dipegang 

Mengetahui kehamilan dengan memegang perut lantas terasa kembung sering dilakukan oleh kebanyakan perempuan. Gejala perut kembung pada perempuan hamil akan disertai dengan perut yang terasa kencang dan tidak nyaman saat dipegang. 

Hal ini dikarenakan meningkatnya kadar progesteron sehingga membatasi kerja otot disekitarnya untuk tetap rileks. 

3. Rahim mengencang saat menekan perut 

Jika merasa rahim mengencang ketika perut ditekan, maka bisa jadi ini adalah salah satu tanda adanya janin yang tumbuh di dalam perut. Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut berikut paling sering dilakukan ibu mengandung. 

Jika hal tersebut terjadi, tak perlu khawatir sebab gejala satu ini wajar dialami. Saat positif mengandung, bunda akan mengalami gejala ini setidaknya selama 12 minggu awal kehamilan. 

4. Timbul rasa mual dan muntah saat perut ditekan 

Tekan sedikit pada bagian perut, jika bunda merasa mual dan ingin muntah, maka ini bisa menjadi pertanda bahwa sedang hamil. Rasa mual dan ingin muntah tersebut akan meningkat seiring bertambahnya usia kandungan. 

Dengan bertambahnya usia kandungan, bunda akan lebih sering merasakan gejala ini terlebih saat mencium aroma yang menyengat. Gejala yang sama juga akan ditunjukkan oleh orang dengan sakit maag. 

Maka dari itu, melakukan check up ke dokter adalah salah satu solusi terbaik yang harus dilakukan selanjutnya. 

5. Punggung bagian bawah terasa linu saat perut ditekan 

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut yang satu ini patut untuk dicoba.  Karena, tidak semua orang merasa linu di bagian bawah punggung saat perutnya ditekan. 

Pada ibu hamil, selain perut membesar, bunda akan cepat merasa linu atau pegal di bagian punggung. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh beratnya sang janin yang ditopang. 

Linu pada punggung saat masa kehamilan dapat dikurangi dengan melakukan pijatan ringan di sekitarnya. 

Namun, beda dengan gejala-gejala sebelumnya, linu di punggung akan makin terasa seiring bertambahnya usia kandungan serta berat si calon buah hati.

6. Perut terasa membesar saat disentuh 

Ukuran perut yang membesar merupakan hal yang wajar selama hamil. 

Di awal kehamilan, perut akan membuncit, terasa keras, dan mungkin akan nyeri saat ditekan. 

Kondisi ini berbeda dengan perut membuncit karena penambahan lemak tubuh. 

Untuk memastikannya, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kehamilan. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut