get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Hari Sumpah Pemuda : Penyusunan Teks Sumpah Pemuda Melibatkan 4 Tokoh Utama

Kamis, 27 Oktober 2022 | 11:38 WIB
header img
Sumpah Pemuda (foto: illustrasi MPI)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Sebagaimana diketahui Sumpah Pemuda merupakan salah satu bentuk upaya kemerdekaan Indonesia yang dilakukan oleh pemuda-pemuda bangsa. Rumusan Sumpah Pemuda dibacakan melalui Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928.

Kemudian hari Sumpah Pemuda diperingatkan pada tanggal 28 September setiap tahunnya. 

Namun dibalik keberhasilan perumusan Sumpah Pemuda, ada beberapa tokoh yang terlibat dalam pembuatan teksnya. 

Berikut adalah tokoh-tokoh utama yang terlibat dalam penyusunan teks Sumpah Pemuda :

1. Mohammad Yamin

Mohammad Yamin adalah tokoh penting dalam penyusunan teks Sumpah Pemuda. Pada Kongres Pemuda II yang diadakan pada 27-28 Oktober 1928, Mohammad Yamin merumuskan teks Sumpah Pemuda

Ia bersama Soegondo Djojopoespito membuat ikrar Sumpah Pemuda. Mohammad Yamin juga mendorong penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Hal tersebut juga disinggung Yamin saat Kongres Pemuda I pada 1926.

Mohammad Yamin adalah tokoh nasional yang lahir di Sumatera Barat pada 22 Agustus 1903. Ia mengenyam pendidikan di Holland School Inlandsche School (HIS) Palembang dan Algemene Middelbare School (AMS) Yogyakarta. Kemudian Yamin melanjutkan pendidikan di Rechtshoogeschool te Batavia yang merupakan Sekolah Tinggi Hukum (saat ini FH UI).

Mohammad Yamin pernah menduduki jabatan sebagai Menteri Kehakiman Indonesia ke-6, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ke-8, dan Menteri Penerangan Indonesia ke-14. Ia juga sempat terjun ke dunia kesusastraan dengan menjadi penulis

2. Soegondo Djojopoespito

Soegondo Djojopoespito adalah Ketua Kongres Pemuda II yang diadakan pada tahun 1928. Kongres Pemuda II yang berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober itu dilaksanakan untuk mempersatukan kembali pemuda dari berbagai daerah seperti Kongres Pemuda I. Setelah melakukan tiga kali rapat, Kongres Pemuda II menghasilkan rumusan Sumpah Pemuda.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut