get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Tak Pede Miliki Ketiak Hitam? Begini Tips Mencerahkan Ketiak

Senin, 24 Oktober 2022 | 12:14 WIB
header img
Ilustrasi ketiak. (Foto: okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Setiap orang menginginkan kulit sehat, bersih dari atas hingga bawah termasuk bagian ketiak. Pria ataupun wanita seringkali melakukan perawatan kecantikan tubuh dengan berbagai cara untuk menjaga penampilan mereka.

Karena seperti bagian tubuh lainnya, kulit ketiak bisa menjadi hitam atau berubah warna. Kulit ketiak yang lebih gelap dari kulit lainnya dapat membuat Anda tidak percaya diri, untuk mengenakan pakaian tanpa lengan ,atau dress yang terbuka.

Tapi Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mencerahkan ketiak yang dapat di lakukan menggunakan bahan-bahan alami. Namun sebelumnya Anda perlu mengetahui apa itu penyebab kulit ketiak ini menjadi hitam?

Penyebab ketiak hitam

Ada banyak alasan mengapa ketiak Anda bisa menjadi gelap, termasuk:

- Iritasi kimia dalam deodoran dan antiperspiran

- Iritasi dan abrasi yang disebabkan oleh bercukur

- Penumpukkan sel kulit mati akibat jarangnya eksfoliasi

- Gesekan yang disebabkan oleh pakaian ketat

- Hiperpigmentasi, seperti peningkatan melanin

- Melasma, atau bercak gelap pada kulit

- Kelainan pigmentasi kulit yang berhubungan dengan diabetes, obesitas, dan kadar hormon abnormal

- Merokok, yang meningkatkan hiperpigmentasi

Ada beberapa langkah-langkah dasar yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyebab kulit ketiak menjadi gelap, antara lain

1. Ganti deodoran atau antiperspiran Anda. Carilah merek yang berbeda. Pertimbangkan untuk beralih ke alternatif alami, seperti soda kue atau cuka sari apel . Beberapa orang mungkin lebih memilih untuk berhenti menggunakan deodoran atau antiperspirant sama sekali.

2. Jangan mencukur. Cobalah waxing atau laser hair removal sebagai gantinya.

3. Lakukan eksfoliasi. Gunakan body scrub atau exfoliant yang lembut di area tersebut dua hingga tiga kali seminggu. Karena kulit ketiak tipis dan halus, pilihlah exfoliant yang ditujukan untuk kulit sensitif. Anda bahkan dapat menggunakan exfoliant wajah.

4. Kenakan pakaian yang longgar.

5. Cobalah untuk berhenti merokok

Bahan-bahan alami untuk mencerahkan ketiak

Untuk mencerahkan bagian underarms, dapat dilakukan menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya mudah didapatkan di sekitar Anda dan pastinya murah:

1. Kentang

Kentang kaya akan vitamin C yang mengatur produksi kolagen dan menjaga elastisitas kulit. Kentang juga mengurangi produksi melanin, dan mencerahkan kulit.

2. Lemon

Kandungan asam sirat pada lemon mampu mencerahkan kulit secara alami. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, dimana Anda hanya perlu menggosokkan lemon ke bagian underarms secara lembut. Diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air hangat.

3. Kunyit

Kandungan antiseptik dari kunyit akan menghilangkan bau tak sedap yang timbul dari bakteri pada keringat. Untuk mencerahkan underarm Anda perlu mengaplikasikan kunyit dan lemon secara bersamaan.

4 . Minyak Kelapa

Kandungan vitamin E pada minyak kelapa tidak hanya baik untuk rambut dan kulit, akan tetapi juga bisa membantu mencerahkan warna ketiak. Dengan penggunaan secara teratur, minyak kelapa tersebut juga bekerja sebagai deodoran alami.

5 . Minyak tea tree

Sifat antibakteri yang dimiliki tea tree oil bisa membantu mengontrol bakteri penyebab aroma tak sedap pada ketiak dan bau badan pada umumnya.

Nah itulah ulasan mengenai tips mencerahkan ketiak.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Tips Mencerahkan Ketiak Hitam secara Alami, Gak Perlu Minder Lagi Bestie!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut