Logo Network
Network

Bacaan Doa Qunut dan Keutamaannya

Novie Fauziah , Okezone
.
Minggu, 23 Oktober 2022 | 13:34 WIB
Bacaan Doa Qunut dan Keutamaannya
Ilustrasi doa qunut. (Foto : Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Bacaan doa qunut yaitu salah satu doa yang sering dibaca umat Muslim. Doa ini dibaca ketika sedang memiliki suatu keinginan atau hajat dan juga sebagai bentuk meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala terhadap segala musibah.

Seorang Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengucapkan pada umumnya bacaan doa qunut diketahui adalah saat Sholat Subuh saja. Namun ada beberapa doa qunut yang memiliki keutamaan.

"Ada tiga macam doa qunut," ujarnya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

1. Qunut nazilah
Qunut nazilah dibaca saat terjadi peristiwa atau musibah yang menimpa, seperti bencana alam. Selain itu dalam kasus terbunuhnya para ahlul Qurra' (para hafiz Quran) di Sumur Ma'unah, wabah penyakit, dan lain sebagainya.

2. Qunut sholat witir
Qunut sholat witir biasanya dibaca pada rakaat ketiga sebelum rukuk, yakni pada setiap sholat sunah atau dilakukan pada akhir sholat witir setelah rukuk, khususnya di separuh kedua bulan Ramadhan.

3. Qunut Sholat Subuh
Doa qunut ini sudah sangat umum diketahui, yakni dibaca pada rakaat kedua atau terakhir Sholat Subuh. Membaca doa qunut ketika Sholat Subuh juga dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam kitab Majmu’ yang ditulisnya:

مَذْهَبُنَا أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ القُنُوْتُ فِيْهَا سَوَاءٌ نَزَلَتْ نَازِلَةٌ أَمْ لَمْ تَنْزِلْ وَبِهَذَا قَالَ أَكْثَرُ السَّلَفِ

Artinya: "Dalam Mazhab (Mazhab Syafii) disunahkan membaca qunut dalam Sholat Subuh, baik karena ada mushibah maupun tidak. Inilah pendapat mayoritas ulama salaf." (Al Majmu’, juz 1, halaman 504)

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.