get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut Bacaan Doa Lengkap untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 16:42 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto : Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Bacaan doa untuk orangtua yang sudah meninggal dunia jangan sampai berhenti. Dalam Memanjatkan doa untuk ayah dan bunda yang sudah meninggal dunia merupakan amalan salih yang dianjurkan.

Dikutip dari Rumaysho, bacaan doa untuk orangtua yang sudah meninggal dunia sebagaimana dijelaskan dalam riwayat Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As-Sa’idi, beliau berkata:

بَيْنَا نَحْنُ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا جَاءَهُ رَجُلٌ مِنْ بَنِى سَلِمَةَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ بَقِىَ مِنْ بِرِّ أَبَوَىَّ شَىْءٌ أَبَرُّهُمَا بِهِ بَعْدَ مَوْتِهِمَا قَالَ « نَعَمِ الصَّلاَةُ عَلَيْهِمَا وَالاِسْتِغْفَارُ لَهُمَا وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا مِنْ بَعْدِهِمَا وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِى لاَ تُوصَلُ إِلاَّ بِهِمَا وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا ».

"Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika itu ada datang seseorang dari Bani Salimah, ia berkata, 'Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orangtuaku ketika mereka telah meninggal dunia?' Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, 'Iya (masih tetap ada bentuk berbakti pada keduanya, pen). (Bentuknya adalah) mendoakan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orangtua yang tidak pernah terjalin, dan memuliakan teman dekat keduanya'."

(HR Abu Dawud nomor 5142 dan Ibnu Majah 3664. Hadis ini dishahihkan oleh Ibnu Hibban, Al Hakim, juga disetujui oleh Imam Adz-Dzahabi. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan sanad hadis ini hasan)

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut