get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

28 Negara Antre Pinjam Uang ke IMF, Ini Faktanya Mengejutkan!

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 11:37 WIB
header img
28 negara antre utang IMF (Foto: Shutterstock)

3. Pertumbuhan ekonomi Indonesia

"Karena apapun angka-angka yang kita miliki Indonesia pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua kita termasuk yg terbaik di dunia, 5,44%. inflasi juga masih terkendali setelah kenaikan BBM, kita masih di angka di bawah 6%, 5,9%," kata Jokowi.

4. Moneter Indonesia masih bisa dikendalikan

Jika dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Argentina misalnya inflasi mencapai 83,5% dengan kenaikan suku bunga 3.700. Sedangkan Indonesia tingkat inflasinya 5,9% dengan perubahan suku bunga kita di 75 basis poin.

"Artinya, moneter kita masih pada posisi yang bisa kita kendalikan. Karena apa? Yang saya lihat di dalam keseharian antara bank sentral kita BI dan Kementerian Keuangan ini brjalan beriringan, berjalannya rukun, tidak saling tumpang tindih. Ini yang saya lihat, komunikasinya baik, sehingga fiskal dan moneter itu bisa berjalan bersama-sama," kata Jokowi.

5. Ekonomi global diperkirakan turun

Catatan dari publikasi tersebut mengungkap bahwa ekonomi global diperkirakan turun.

"Proyeksi tahun 2022 adalah 3,2% dan di tahun 2023 adalah 2,7%, sedangkan inflasi meningkat setengah persen menjadi 8,8% di 2022 dan turun di 2023 menjadi 6,5%," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam Pembukaan Capital Market Summit & Expo 2022 (CMSE 2022), Kamis, 13 Oktober 2022.

6. Indonesia sedang menghadapi tantangan 5C

Airlangga menegaskan kita harus berhati-hati, saat ini kita menghadapi yang namanya The Perfect Storm atau tantangan 5C.

"Covid-19 belum selesai, konflik Rusia-Ukraina semakin meningkat, tantangan climate change di beberapa negara termasuk di Indonesia, banjir, longsor," katanya.

Adapun harga komoditas yang sempat naik namun sekarang mulai agak landai, kemudian cost of living atau inflasi yang masih menjadi beban perekonomian ke depan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut