Logo Network
Network

Tak Ada Negara Lain yang Bisa Kendalikan Inflasi seperti Indonesia, Ini Pengakuan Jokowi

Raka Dwi Novianto , Sindonews
.
Selasa, 11 Oktober 2022 | 13:06 WIB
Tak Ada Negara Lain yang Bisa Kendalikan Inflasi seperti Indonesia, Ini Pengakuan Jokowi
Jokowi Sebut Tak Ada Negara yang Bisa Kendalikan Inflasi seperti Indonesia (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Indonesia berhasil mengendalikan inflasi. Hal ini berbeda dengan lonjakan inflasi yang terjadi di berbagai negara. Sebut saja Turki, inflasinya tembus 83,45%.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan hal demikian dalam kata sambutannya pada acara Investor Daily Summit 2022, Jakarta (11/10/2022).

Jokowi menyebutkan, tidak ada negara lain yang bisa melakukan pengendalian inflasi seperti Indonesia. Jokowi pun membocorkan pengendalian inflasi di Indonesia.

Menurut Jokowi, inflasi biasanya dikendalikan dengan menaikkan suku bunga. Bank sentralnya pasti menaikkan suku bunga untuk ngerem inflasi. 

"Tapi kita tidak hanya urusan menaikkan suku bunga yang itu menjadi kewenangan dari Bank Indonesia tetapi dalam praktek riil kita juga langsung masuk ke sumbernya yaitu apa kenaikan barang dan jasa," papar Jokowi.

Sebagai tindak lanjut, Jokowi telah mengumpulkan kepala dari mulai dari Gubernur hingga Bupati. Dalam pertemuan itu dijelaskan cara mengendalikan inflasi sesuai fungsinya masing-masing.

"Kita berikan kewenangan daerah untuk menggunakan dana transfer umum 2% dan juga belanja tidak terduga bisa digunakan untuk mengatasi inflasi," ujar Jokowi

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.