get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Fakta dan Mitos Danau Tolire, Diyakini Memiliki Asal Usul yang Mengerikan

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 17:21 WIB
header img
Danau Tolire. (Foto: Kemendikbud)

Jakarta, iNewsKarawang.id - Danau tolire merupakan salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi. Di balik tempat yang menyimpan cerita mistis, Danau Tolire menyuguhkan pemandangan yang cukup menawan.

Apabila dilihat dari atas, akan tampak danau yang tidak jauh jaraknya dengan pantai. Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/9/2022), lalu apa sajakah fakta dan mitos Danau Tolire?

Fakta dan Mitos Danau Tolire

1. Tenggelam Karena Malapetaka

Sebelum tenggelam, konon penduduk terdahulu sering mengadakan acara pemujaan bagi para leluhur. Mereka memberikan sesajen kepada dewa leluhur yang mereka percayai melindungi desa tersebut. 

Namun nahas ketika sedang mengadakan upacara pemujaan, terdapat seorang pria yang menari bersama tamu perempuan hingga bermabuk-mabukkan. Pria tersebut tidak menyadari perempuan yang bersamanya adalah anak gadisnya sendiri. 

Hal tersebut merupakan perbuatan yang berdosa. Sehingga terjadilah kejadian malapetaka gempa yang menyebabkan amblesnya tanah yang membinasakan pemukiman tersebut.

3. Buaya dengan Ikatan Leher Merah

Masih menurut kepercayaan apabila seseorang bertemu dengan buaya dengan ikatan merah di lehernya, maka orang tersebut dapat berbicara dengan sang buaya. Akan tetapi hanya pawang buaya setempat yang mengetahui bagaimana caranya.

4. Air Danau Tolire Berwarna Hijau

Danau Tolire memiliki air berwarna kehijauan. Berlokasi di Kota Ternate, Danau Tolire merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat di sana.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut