get app
inews
Aa Read Next : 80 dari 100 Ribu Anak Kena Pneumonia, Ini Data Terbaru Diungkap Peneliti Eropa

Obat Batuk Diduga Sebabkan Kematian Puluhan Anak, WHO Turun Tangan Lakukan Penyelidikan

Kamis, 06 Oktober 2022 | 15:16 WIB
header img
Obat batuk cair tewaskan puluhan anak di Gambia. (Foto: WHO)

WHO mengatakan, analisis laboratorium sirup obat batuk Maiden telah mengonfirmasi jumlah dietilen glikol dan etilen glikol yang 'tidak dapat diterima'. Ini dapat menjadi racun dan menyebabkan cedera ginjal akut.

Sayang panggilan telepon ke nomor yang terdaftar untuk Maiden tidak dijawab, termasuk permintaan komentar melalui email. Panggilan ke Jenderal Pengendali Narkoba India juga tidak dijawab. 

"Mereka memproduksi dan mengekspor sirup hanya ke Gambia," kata sumber kementerian India.  

Maiden di situsnya mengatakan memiliki dua pabrik, di Kundli dan Panipat. Keduanya dekat New Delhi di negara bagian Haryana. 

Baru-baru ini, Meiden yang meluncurkan operasinya pada November 1990 itu mendirikan satu pabrik lagi. 

Pabrik Meiden memiliki kapasitas produksi tahunan 2,2 juta botol sirup, 600 juta kapsul, 18 juta suntikan, 300.000 tabung salep dan 1,2 miliar tablet. Mereka menjual produknya di dalam negeri dan mengekspor ke negara-negara di Asia, Afrika dan Amerika Latin. 

Dua sumber kementerian kesehatan mengatakan bahwa negara-negara pengimpor biasanya menguji produk tersebut sebelum mengizinkan penggunaannya. WHO mengatakan produk Maiden - Promethazine Oral Solution, Kofexmalin Baby Cough Syrup, Makoff Baby Cough Syrup dan Magrip N Cold Syrup - mungkin telah didistribusikan di tempat lain melalui pasar informal, tetapi hanya diidentifikasi di Gambia.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut