get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Dinkes Karawang Janji Mau Tracking Penyebaran HIV Melalui Transmisi Seksual

Rabu, 28 September 2022 | 07:48 WIB
header img
Kepala Dinas Kesehatan Karawang, Endang Suryadi. (Foto : iNews Karawang/ Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Soal pengendalian penyebaran HIV di Kabupaten Karawang, Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang akan melakukan tracking penyebaran HIV melalui transmisi seksual dan juga mapping penderita HIV di Kabupaten Karawang. 

"Persoalan HIV di Kabupaten Karawang ini agak rawan yah, mengingat para penderita HIV ini harus kita jaga privasinya agar tidak menimbulkan hal-hal lain yang berdampak ke pengidap," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Karawang, Endang Suryadi saat ditemui di acara Sosialisasi Gesia di Hotel Resinda, Selasa (27/9/2022).

Endang mengaku, Dinkes belum memiliki data mapping dan belum melakukan tracking penyebaran HIV melalui transmisi seksual di Kabupaten Karawang. 

"Untuk sementara kita masih memberikan kebebasan untuk mereka yang ingin tes ke Puskesmas ataupun rumah sakit yang sudah memiliki layanan tes HIV. Jadi, belum kita lakukan hal seperti itu," jelasnya.

Lalu, mengingat banyaknya penderita HIV yang setiap tahunnya bertambah, ia akan segera melakukan tracking serta mapping penyebaran HIV melalui transmisi seksual guna upaya mengendalikan penyebaran HIV di Karawang. 

"Kita akan jadwalkan, semoga ada anggarannya dan seharusnya memang begitu, harus ditracking sampai ke akarnya agar dapat segera diobati dan memperkecil peluang penyebarannya dengan obat ARV dan juga penanganannya bisa lebih fokus serta terkendali," pungkasnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut