get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Snack Bar untuk Mencegah Stunting, Ini Hasil Karya Inovasi Mahasiswa UGM

Selasa, 20 September 2022 | 11:15 WIB
header img
Mahasiswa UGM ciptakan inovasi snack bar cegah stunting/Dok. UGM

YOGYAKARTA, iNewsKarawang.id - Setelah melihat program pemerintah mencanangkan PMT, Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat inovasi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dengan harga terjangkau dan bahan yang mudah ditemui berupa Sprouted Snack Bar (SSB) yang dapat memenuhi tiga zat gizi utama untuk mencegah stunting. Tiga zat gizi utama itu adalah protein, zat besi, dan juga seng.

Inovasi ini dilakukan setelah melihat program pemerintah mencanangkan PMT berupa biskuit untuk menangani kejadian stunting sudah banyak ditemui di Indonesia.

Namun sayangnya, makanan tambahan ini biasanya menggunakan fortifikasi untuk menambah zat gizi dengan bahan baku yang masih diimpir sehingga menimbulkan persoalan biaya.

Dikutip dari laman resmi UGM, SSB yang dibuat mahasiswa UGM ini berbahan utama kacang merah berkecambah, beras merah berkecambah, kacang kedelai berkecambah, dan pisang.

“Alasan dipilihnya produk snack bar karena cemilan ini disukai anak-anak dan memiliki masa simpan yang cukup lama,” terang Adiva Aphrodita, mahasiswa Fakultas Biologi.

Mahasiswa angkatan 2020 ini mengembangkan produk bersama empat mahasiswa UGM lainnya, yaitu Matilda Jesseline Gabriela Giovanni (Fakultas Biologi 2020), A. Najib Dhiaurahman (Fakultas Biologi 2020), Felisitas Mellania Ajeng Anggraeni (FK-KMK 2019), dan Nur Afni Oktri Fiana (FTP 2019), di bawah bimbingan Lisna Hidayati, S.Si., M.Biotech.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut