get app
inews
Aa Read Next : Wow ! Warga Sekampung Ini Kompak Daftar Haji Usai Musim Panen

Cerita Jemaah Haji Termuda Gantikan Ayah yang Wafat

Senin, 19 September 2022 | 17:56 WIB
header img
Fithrotun Nisa (kiri) didampingi ibunya saat di Asrama Haji Embarkasi Surabaya. (Foto: iNews/Lukman Hakim)

SURABAYA, iNewsKarawang.id - Jemaah haji asal Kabupaten Sidoarjo yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 25, Fithrotun Nisa ini akan segera menunaikan ibadah haji. Nisa berangkat menggantikan ayahnya, Ali Akbar yang telah wafat pada Juli 2021 lalu.

Remaja yang baru saja menamatkan pendidikan menengah atas di Kecamatan Wonoayu Sidoarjo ini mengaku tak pernah membayangkan dirinya akan menunaikan rukun Islam kelima di usia 18 tahun 2 bulan.

Ayah Nisa meninggal dunia karena sakit mendadak di usia 51 tahun. Sebagai anak tunggal, Nisa pun akhirnya menjadi ahli waris pengganti porsi ayahnya. 

"Ya kaget ketika harus menggantikan ayah, soalnya kan saya anak tunggal, jadi ya yang jadi ahli warisnya," tutur Nisa didampingi ibunya di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES).

Meski menjadi haji termuda pada kloter 25, Nisa mengaku siap beribadah di tanah suci bersama ibunda tercinta, Siti Kurnia (53 tahun). Orang tua Fithrotun Nisa saat itu daftar haji sejak tahun 2011. 

"Saya sama mama ikut KBIH (kelompok bimbingan ibadah haji), ada yang bimbing ibadah di sana," ujar Nisa yang berdomisili di Sepanjang Sidoarjo ini.

Nisa menuturkan, ketika dia ditetapkan sebagai ahli waris pengganti porsi ayahnya, dia pun mulai mempelajari segala hal terkait ibadah haji melalui video-video yang ada di internet. Tak lupa, dia juga mencari informasi situs-situs bersejarah di Arab Saudi melalui kanal youtube yang ada.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut