get app
inews
Aa Read Next : Ini 5 Orang Jemaah Haji Asal Karawang yang Meninggal di Tanah Suci

Wow ! Warga Sekampung Ini Kompak Daftar Haji Usai Musim Panen

Senin, 07 Agustus 2023 | 10:20 WIB
header img
Kisah warga sekampung di Lombok daftar haji usai musim panen. (Foto: Kemenag.go.id)

LOMBOK, iNewskarawang.id - Usai musim panen warga sekampung kompak mendaftar berangkat ibadah haji. Tentunya sangat menginspirasi banyak orang.

Sebelumnya sering didengar cerita jamaah haji diantar orang sekampung. Keadaan sebaliknya justru dialami Ahmad, warga Dusun Landah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ia datang ke Asrama Haji Lombok untuk menjemput 20 anggota keluarganya yang baru saja menunaikan ibadah haji dan tiba dari Tanah Suci pada Senin 31 Juli 2023.

Seluruh keluarga Ahmad ini tinggal di kampung yang sama yaitu Dusun Landah, Desa Landah, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB. 

Anggota keluarga Ahmad adalah sebagian dari 55 jamaah haji asal Dusun Landah yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 10 Embarkasi Lombok (LOP 10).

"Alhamdulillah, saya hari ini menjemput 20 keluarga saya yang pulang menunaikan ibadah haji. Ada anak saya, kakak, adik. Ada ipar juga, misan, dan paling banyak ada ponakan saya. Kesemuanya ada 20 orang," papar Ahmad, seperti dikutip dari Kemenag.go.id, Ahad (6/8/2023).

Menariknya, berdasarkan data SISKOHAT Kemenag, tahun ini ada 118 penduduk Dusun Landah yang menjadi jamaah haji.

Selain tergabung di Kloter LOP 10, warga Dusun Landah yang berangkat tahun ini tergabung dalam Kloter LOP 2 dan 9.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kankemenag Lombok Tengah Lalu Samsul Haji mengungkapkan baru pertama kali terjadi di NTB.

"Ini baru pertama kali sekampung berangkat haji di Lombok Tengah. Tahun ini ada 118 warga Dusun Landah yang berangkat haji. Tahun depan ada 120 warga yang berangkat dari dusun ini," ungkap Lalu Samsul Haji.

Salah satu jamaah haji asal Dusun Landah, Nusaid, mengisahkan bahwa masyarakat di dusunnya yang mayoritas berprofesi sebagai petani tembakau kompak mendaftar haji saat meraih keuntungan pada masa panen.

"Ketika musim panen tembakau, kami kompak untuk sama-sama mendaftar haji, termasuk mendaftarkan seluruh anggota keluarga," pungkasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut