get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Do'a Iftitah Pendek dan Mudah Dihafalkan

Minggu, 18 September 2022 | 08:53 WIB
header img
Bacaan Doa Iftitah Pendek (Foto: Garakta Studio)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Doa ifititah lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan artinya penting untuk diketahui setiap muslim. Doa iftitah merupakan doa sunnah yang dibaca saat sholat. Membaca doa ini dapat dilakukan saat sholat wajib maupun sholat sunnah.

Doa iftitah dibaca sesaat setelah takbiratul ihram di rakaat pertama. Terdapat doa iftitah panjang dan pendek yang bisa dibaca.

Seperti yang pernah dilansir iNews.id dari buku 'Fikih Ibadah' karya Hasan Ayub, doa iftitah pada dasarnya baik dibaca yang mana saja. Tetapi jika sedang menjadi imam, maka baca doa iftitah pendek.

1. Doa Iftitah Pendek (Allahuakbar kabiiro)

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْراً وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْراً وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا

Latin: Allahuakbar kabiiro, walhamdulillahikasiro, wasubhanallahibukrotawa asyiilaa

Artinya: Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang sangat banyak, Maha Suci Allah, baik pada waktu pagi dan juga petang. (HR Abu Daud)

2. Doa Iftitah Pendek (Subhaanakallahumma)

 سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ

Latin: Subhaanakallahumma wa bi hamdika wa tabaarokasmuka wa ta'aalaajadduka wa laa ilaha ghoiruk.

Artinya: Maha suci Engkau ya Allah, aku memuji-Mu, Maha berkah Nama-Mu. Maha tinggi kekayaan dan kebesaran-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. (HR Muslim dan Abu Daud)

3. Doa Iftitah Pendek (Allahumma Ba'id)

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ،اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالبَرَدِ

Latin: Allahumma baa’id bainii wabaina khothooyaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqinii minal khothooyaa kamaa yunaqqots-tsaubul abyadlu minad-danas. Allahummaghsil khothooyaaya bilmaa-i wats-tsalji walbarodi.

Artinya: Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin. (HR. Bukhari, No. 182).

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut