Ternyata Mandi Susu Miliki Banyak Manfaat, Salah Satunya Mengatasi Kulit Kering

Putra Syah Norens , Okezone
.
Rabu, 14 September 2022 | 12:38 WIB
Mandi Susu. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai manfaat mandi susu. Mandi susu sudah dikenal sejak zaman kuno, mandi susu merupakan salah satu perawatan kulit tubuh agar tetap sehat, mulus dan segar.

Ratu Mesir, Ratu Cleopatra disebut-sebut memiliki kebiasaan mandi susu yang mana konon merupakan salah satu rahasia kecantikannya yang luar biasa.

Penasaran kan sebetulnya apa saja sih manfaat mandi susu bagi kesehatan dan kecantikan kulit? Melansir Healthline Minggu (31/7/2022) mari simak uraian singkat lima manfaat mandi susu di bawah ini.

1. Mengatasi kulit kering: Mandi susu dapat membantu mengisi kembali kelembapan yang hilang. karena susu mengandung, protein, fat, vitamin, mineral dan asam laktat. Protein dan lemak inilah yang bekerja melembutkan dan menenangkan kulit. Ditambah ada asam laktat yang mengandung exfoliator lembut, berfungsi untuk melepaskan sel-sel kulit mati.

2. Mengatasi eksim: Eksim sering menyebabkan ruam, kulit bergelombang, dan iritasi. Suatu studi menemukan bahwa mengoleskan ASI secara topical, sama efektifnya untuk mengobati bayi dengan eksim seperti salep hidrokortison.

3. Meredakan gejala Psoriasis: Mandi susu dapat membantu meredakan gejala psoriasis, termasuk kulit gatal, bersisik, atau tidak merata. Namun, masih terbatasnya penelitian ilmiah yang bisa mengungkapkan efektivitas mandi susu untuk menangani psoriasis.

4. Melindungi diri dari sinar matahari: Protein, lemak, asam amino, dan vitamin A dan D yang ada dalam susu dapat menenangkan kulit yang terbakar akibat dari sinar matahari. Kamu hanya perlu berendam hingga 20 menit, dan bisa juga menambahkan lidah buaya atau pelembab lain untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Sebagai catatan, durasi saat mandi susu dan takaran dari susu yang dipakai jadi hal penting untuk diperhatikan. Bila dirasa tidak nyaman dan menimbulkan reaksi alergi, sebaiknya segera hentikan.

Tidak semua orang aman untuk melakukan mandi susu, hindari mandi susu apabila Anda punya kulit sensitive karena kandungan asam laktat dari dalam susu dapat mengiritasi kulit yang sensitif. Hindari juga mandi susu apabila anda memiliki gejala demam tinggi.

Editor : Boby
Bagikan Artikel Ini