get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Mahasiswa KKN Unsika Kelompok 100 Sosialisasikan Pentingnya Berwirausaha di Desa Waluya

Senin, 12 September 2022 | 17:08 WIB
header img
Mahasiswa Unsika yang tergabung dalam program KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kelompok 100 dan ditugaskan di Desa Waluya. (Foto: Faizol Yuhri)

KARAWANG, iNewsKarawang.id -  Mahasiswa Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang) yang tergabung dalam program KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kelompok 100 dan ditugaskan di Desa Waluya, Dusun Cikeris, Kabupaten Karawang, pada 12 September 2022 menggelar sosialisasi “Pentingnya Berwirausaha kepada Ibu Rumah Tangga di Era Ekonomi Digital" bersama ibu-ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) di Aula Kantor Desa Waluya.

Kegiatan sosialisasi dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara dan sambutan dari Ketua PKK dan Koordinator KKN Kelompok 100. Lalu kegiatan inti, yaitu penyampaian materi mengenai pentingnya berwirausaha oleh Koordinator Kelompok 100 KKN Unsika Firdaus Ananta dan ditutup dengan sesi sharing dan tanya jawab.

Sosialisasi ini dihadiri oleh perangkat Desa Waluya yang terdiri dari Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes), Ibu-Ibu PKK, Dosen Pembimbing serta mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang KKN Desa Waluya. Dengan tujuan untuk membantu dan mengedukasi ibu ibu PKK mengenai pentingnya mengelola ekonomi keluarga.

Dosen pembimbing lapangan Wahyu Utami Dewi S.I.Kom., M.I.Kom mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk menambah pengetahuan ibu-ibu PKK mengenai ekonomi rumah tangga, bagaimana memunculkan ekonomi keluarga yang nantinya bisa berkembang maju.

Menurut Omah, salah satu perwakilan dari ibu-ibu PKK, kondisi ekonomi keluarga di Desa Waluya ini masih terbilang lemah. Kurangnya dukungan, bantuan berupa dana dan pengetahuan membuat mereka terhambat dalam menjalankan program-program di sektor ekonomi yaitu berwirausaha. 

“Kondisi ekonomi di sini masih lemah, keinginan kita untuk berwirausaha sudah ada tapi karena kurangnya perhatian dan edukasi jadi tidak terealisasikan,” ungkapnya.

Ia pun berharap melalui sosialisasi ini dapat membantu membuat masyarakat Desa Waluya menjadi lebih maju dalam sektor ekonomi. 

“Harapannya semoga Desa Waluya menjadi lebih maju dan masyarakat dapat membuka usaha sehingga ekonomi rumah tangga seluruh masyarakat Desa Waluya menjadi lebih berkembang,” tambah Sani, selaku Ketua PKK Desa Waluya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Kelompok 100 KKN Unsika Firdaus Ananta pun berharap setelah dilakukannya sosialisasi ini ibu-ibu PKK dapat memulai kegiatan wirausaha yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Waluya.

“Setidaknya setelah sosialisasi ini ibu-ibu PKK bisa memulai kegiatan wirausaha dan berharap perangkat desa dapat memberi support kepada setiap kegiatan yang diadakan oleh ibu-ibu PKK,” ucapnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut