get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Cara Shalat Jenazah, Lengkap dengan Bacaannya

Sabtu, 10 September 2022 | 12:03 WIB
header img
Tata cara sholat jenazah, Jumlah takbir dan bacaannya. (Foto: ist)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Tata cara sholat jenazah, jumlah takbir dan bacaannya harus diketahui setiap muslim. Lantaran hukum sholat jenazah adalah fardhu kifayah.

Fardhu kifayah artinya kewajiban yang jika sudah dilaksanakan oleh sebagian orang, maka sebagian yang lain sudah terbebas dari dosa. Tetapi jika tidak ada satu pun yang melaksanakannya, maka semua orang akan mendapatkan dosa.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth lalu barangsiapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth.”

Ada yang bertanya, “Apa yang dimaksud dua qiroth?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, “Dua qiroth itu semisal dua gunung yang besar.” (HR. Bukhari dan Muslim )

Berbeda dari sholat lainnya, sholat jenazah tidak memiliki gerakan ruku’ dan sujud sehingga hanya dilakukan dengan berdiri dengan 4 takbir. Adapun tata cara melaksanakan sholat jenazah sesuai syariat Islam adalah sebagai berikut.

Tata Cara Sholat Jenazah, Jumlah Takbir, dan Bacaannya
1. Niat.
Untuk jenazah laki-laki: Usholli ‘ala hadzal mayyiti arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala.
Untuk jenazah perempuan: Usholli ‘ala hadzahihil mayyitati arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala
2. Takbiratur ihram.
3. Membaca surat Al-Fatihah.
4. Takbir.

5. Membaca sholawat:
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

6. Takbir.
7. Membaca doa.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut