get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Benarkah Obat Merah Dapat Mengatasi Jerawat? Begini Penjelasannya

Jum'at, 09 September 2022 | 13:31 WIB
header img
Masalah kulit jerawat (Foto: Timesofindia)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Sebuah video viral di media sosial TikTok mengenai obat merah yang dijadikan perawatan kulit wajah. Produk obat merah biasanya digunakan untuk mengobati luka, namun saat ini justru dijadikan tren cleanser untuk wajah.

Bukan seperti produk skincare pada umumnya, produk obat merah yang diklaim bisa mengatasi masalah jerawat itu merupakan produk cleanser yang disebut-sebut mengandung bahan aktif povidone iodine.

Lantas, apa itu povidone iodine? Seberapa aman untuk kulit wajah? Dan seberapa efektif dibandingkan dengan kandungan dalam produk skincare khusus jerawat lainnya? Berikut ulasannya, dikutip dari laman Hellosehat, Jumat, (9/9/2022).

Povidone iodine atau iodin povidon merupakan zat campuran dari polimer polyvinylpyrrolidone dan iodine (yodium).

Iodine yang dihasilkan dari campuran ini akan membunuh bakteri dengan cepat sehingga dapat mengatasi area yang terkena infeksi bakteri dengan baik.

Sementara itu, polimer dapat berperan sebagai media yang menyalurkan iodine untuk jangka waktu yang cukup lama.

Fungsi dari povidone iodine ialah membunuh bakteri yang dapat menyebakan infeksi pada kulit, salah satunya infeksi bakteri jerawat pada kulit wajah.

Povidone iodine yang terdapat didalam produk obat merah biasanya tergolong aman dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

Namun, yang paling penting dalam proses penyembuhan luka adalah memberikan kesempatan pada kulit untuk meregenerasi luka dan melakukan penyembuhan luka itu sendiri. Terlebih, biasanya luka pada jerawat tidak terlalu besar.

Cara penggunaan

Untuk mendapatkan manfaat povidone iodine dalam produk obat merah secara maksimal, sebaiknya gunakan sesuai dengan aturan penggunaan yang tertera pada kemasan produk.

Kandungan antiseptik povidone iodine digunakan untuk masalah kulit saja, termasuk kulit wajah. Sebelum menggunakannya, bersihkan area kulit yang akan dibaluri dengan obat ini. Lalu, oleskan atau balurkan obat ini secara menyeluruh.

Warna kecokelatan yang terdapat pada produk obat merah ini menunjukkan adanya iodine di dalam campuran obatnya. Namun, jika warna cokelatnya sudah memudar, artinya keampuhannya telah menurun.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut