get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Ngeri, Ular Sepanjang 5 Meter Sering Makan Ternak di Tirtamulya, Ditangkap Damkar

Kamis, 08 September 2022 | 14:47 WIB
header img
Ular sanca kembang sepanjang 5 meter yang diduga sering memakan hewan ternak warga Dusun Ciselang, berhasil dievakuasi tim Regu II Damkar Pos Cikampek. (Foto: iNews Karawang/Iqbal)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Ular sanca kembang sepanjang 5 meter yang diduga sering memakan hewan ternak warga Dusun Ciselang, Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Tirtamulya berhasil dievakuasi tim Regu II Damkar Pos Cikampek, Rabu (7/9/2022).

Komandan Regu II Damkar Pos Cikampek, Sujanto mengatakan, sebelum ditemukan ular tersebut, pihaknya sering mendapatkan laporan dari masyarakat mengenai hilangnya hewan ternak. 

"Terakhir, dua hari lalu, ada laporan masuk hilangnya kelinci peliharaan warga, yang diduga dimakan oleh ular dan setelah mendapatkan laporan tersebut, kami (tim Damkar pos Cikampek) langsung menelusuri lokasi sekitar di sana," Ungkapnya, Kamis (8/9/2022).

Lanjutnya, setelah melakukan penelusuran, dirinya menemukan kulit ular yang masih basah. "Setelah menemukan kulit ular yang masih basah itu kita langsung mengikuti jejak-jejak dari sepihan kulit yang akhirnya mengarah ke potongan akar kayu yang berlubang dan kami langsung menggali lubanh dibawah potongan akar pohon tersebut," jelasnya. 

Dibuat terkejut bukan main, baru menggali sekitar 30 cm, pihaknya melihat tubuh ular tersebut. "Dilihatnya kecil, pas kita gali lebih dalam dan berhasil kita tarik ekornya, ternyata ular tersebut panjangnya sekitar lima meter," sontaknya.

Tidak hanya itu, saat ditarik ular tersebut dari lubangnya, ternyata terdapat telur ular, yang diduga sedang di erami oleh ular tersebut. 

"Ada 50 butir telur, namun yang berhasil diamankan hanya 20 butir. Diperkirakan usia telur tersebut sekitar 15 hari, bisa dilihat karena ada beberapa telur yang pecah saat kita amankan yang sudah mulai terlihat bentuk ular," katanya.

Setelah berhasil diamankan, ular tersebut di kembalikan ke alam bebas yang jauh dari pemukiman warga. 

"Setelah semua kita amankan, ular tersebut kita lepaskan kembali ke alam bebas yang jauh dari pemukiman warga," pungkasnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut