Logo Network
Network

Bagi Anda yang Berusia 40 Tahun Lebih, Amalkan Do'a Ini Agar Diberikan Kebaikan Hidup

Kastolani Marzuki
.
Sabtu, 03 September 2022 | 18:55 WIB
Bagi Anda yang Berusia 40 Tahun Lebih, Amalkan Do'a Ini Agar Diberikan Kebaikan Hidup
Doa umur 40 tahun patut dipanjatkan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Doa umur 40 tahun patut terus dipanjatkan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan keberkahan usia untuk terus beribadah kepada-Nya.  

Umur 40 tahun adalah puncak kedewasaan dan kematangan seseorang dalam menapaki hidup. Di usia tersebut, manusia dinilai telah mencapai kematangan baik dalam bertindak, bersikap maupun berpikir.

Karena itu, bagi yang sudah berumur 40 tahun dianjurkan untuk banyak bersyukur dan bertaubat atas apa yang telah dilakukan untuk menyongsong masa depan. Seseorang yang telah memasuki umur 40 tahun harus banyak bertaubat dan berserah diri kepada Allah.

Berikut Doa Umur 40 tahun:

رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْۗ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْمِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku temasuk orang-orang yang berserah diri.(QS: Al Ahqaf: 15)

Doa umur 40 tahun lain yang bisa diamalkan yakni doa dari Nabi Muhammad SAW yang dibaca ketika selesai sholat. Doa tersebut diriwayatkan Abu daud di dalam kitab sunan-nya menyebutkan, dari Ibnu Masud ra, bahwa Rasulullah SAW mengajari doa tasyahhud, yaitu:

"اللَّهُمَّ، أَلِّفْ بَيْنِ قُلُوبِنَا، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا، وَاهْدِنَا سبُل السَّلَامِ، وَنَجِّنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ، وَجَنِّبْنَا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَاوَمَا بَطَنَ، وَبَارِكْ لَنَا فِي أَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُلُوبِنَا، وَأَزْوَاجِنَا، وَذُرِّيَّاتِنَا، وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ، وَاجَعَلْنَا شَاكِرِينَلِنِعْمَتِكَ، مُثْنِينَ بِهَا قَابِلِيهَا، وَأَتْمِمْهَا عَلَيْنَا"

Artinya: "Selamatkanlah kami dari kegelapan menuju kepada cahaya, dan jauhkanlah kami dari perbuatan-perbuatan fahisyah, baik yang terang-terangan maupun yang tersembunyi. Dan berkahilah bagi kami pendengaran kami, penglihatan kami hati kami, istri-istri kami dan keturunan kami. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. Dan jadikanlah kami sebagai orang-orang yang mensyukuri nikmat-Mu, selalu memuji dan menerima nikmat itu, dan sempurnakanlah bagi kami nikmat itu".

Keistimewaan Umur 40 Tahun

Umur 40 tahun dalam Islam juga sangat istimewa. Disebutkan dalam Al Quran bahwa para nabi mendapat hikmah kenabiannya pada usia 40 tahun. 

Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama di Goa Hira tepat pada usia 40 tahun. Saat itu, Rasulullah SAW selalu beruzlah dan sering mengasingkan diri untuk beribadah kepada Allah SWT.

Ibnu Abbas ra berkata, “Muhammad saw diutus menjadi rasul ketika usia beliau 40 tahun, kemudian menetap di Mekkah dan menerima wahyu selama 13 tahun hingga Allah SWT mengizinkan beliau hijrah ke Madinah dan tinggal di sana selama 10 tahun. Sampai Nabi SAW wafat pada usia 63 tahun.”

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini