get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut Do'a Saat Memilih Jodoh yang Tertuang dalam Al-Qur'an

Sabtu, 03 September 2022 | 18:40 WIB
header img
Ayat Alquran tentang Jodoh latin dan artinya yang perlu diketahui dan diamalkan muslim. (Foto: ist)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Ayat Alquran tentang Jodoh berisikan isyarat bagi seseorang yang hingga kini belum menemukan jodoh atau pasangan hidupnya.

Dalam Alquran, banyak disebutkan ayat mengenai pasangan hidup atau jodoh di antaranya Surat An Nur ayat 26 dan 33. Selain itu, Surat An Nahl ayat 72, Surat Asy Syura ayat 11, Surat Al Furqan ayat 74, dan Surat Ar Rum ayat 21.

Memilih jodoh atau pasangan hidup memang pekerjaan yang mudah jika hanya mempertimbangkan hasrat seksual. Namun, bila dipikirkan mendalam memilih pasangan hidup atau jodoh dalam hal ini suami maupun istri bukan pekerjaan mudah. 

Mengenai jodoh, Rasulullah SAW memeringatkan umatnya untuk berhati-hati dan tidak sembarangan memilih pasangan hidup.

Diriwayatkan dari Imam Ahmad bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Maka Hendaklah memilih istri yang beragama (Islam) dan berbudi pekerti (yang baik) agar kedua tanganmu (dirimu) selamat. (HR Al Bazzar dan Ibnu Hibban).

Peringatan Rasulullah SAW tersebut bertujuan agar dalam perkawinan tidak hanya mencari kepentingan-kepentingan yang bersifat fisik semata, tetapi terlebih dulu memperhatikan persyaratan keagamaannya. Lantaran dengan agamanya ia dapat membimbing akal dan jiwanya, berlaku sabar dan menyadari tanggung jawab dan haknya untuk menjaga diri. Setelah itu, baru memerhatikan hal-hal yang bersifat fisik dan dunia (kecantikan, keturunan dan harta).

Berikut ayat Alquran tentang jodoh latin & artinya yang bisa direnungkan dalam memilih pasangan hidup:

1. Memberikan Ketenteraman

Ayat Alquran tentang jodoh ini menegaskan bahwa menikah akan memberikan ketentaraman hati.

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ - ٢١

Latin: Wa min aayaatihi an kholaqo lakum min angfusikum azwaajal litaskunuu ilaihaa wa ja'ala bainakum mawaddataw warakhmah. Inna Fii dzaalika la aayatil liqoumiy yatafakkarun

Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (QS. Ar Rum ayat 21).

2. Jodoh yang Sekufu atau Sepadan

Jodoh merupakan cerminan diri. Bagi orang yang akan menikah sebaiknya memperbaiki akhlak diri agar mendapatkan jodoh yang sepadan.

اَلْخَبِيْثٰتُ لِلْخَبِيْثِيْنَ وَالْخَبِيْثُوْنَ لِلْخَبِيْثٰتِۚ وَالطَّيِّبٰتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَالطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبٰتِۚ اُولٰۤىِٕكَ مُبَرَّءُوْنَ مِمَّا يَقُوْلُوْنَۗ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّرِزْقٌ كَرِيْمٌ ࣖ - ٢٦

Alkhobiitsaatu lilkhobiitsiina wal khobiitsuuna lilkhobiitsaat wath thoyyibaatu lith thoyyibiina wath thoyyibuuna lith thoyyibaat. Ulaaaika mubarrauuna mimmaa yaquuluna lahum maghfirotuw wajron kariim

Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga). (QS. An Nur ayat 26).

3. Mendatangkan Rezeki

Allah sudah memberikan jaminan rezeki tiap manusia termasuk bagi yang sudah berkeluarga. Karena itu, bagi yang belum menemukan jodoh karena minder belum diberikan kelapangan rezeki tidak perlu takut. Sebab, Allah akan memberikan rezeki.

وَاللّٰهُ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا وَّجَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَزْوَاجِكُمْ بَنِيْنَ وَحَفَدَةً وَّرَزَقَكُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِۗ اَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُوْنَ وَبِنِعْمَتِ اللّٰهِ هُمْيَكْفُرُوْنَۙ - ٧٢

Wallaahu ja'ala lakum min angfusikum azwaajaw waja'ala baina wakhafadzataw warazaqokum minath thoyyibaat. afabil baathili yuminunan wa bini'matillaahi hum yakfuruun

Artinya: Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah? (QS An Nahl ayat 72).

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut