get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

BLT Subsidi Rp600 Ribu Cair Bulan ini, Cek Rekening

Kamis, 01 September 2022 | 14:27 WIB
header img
BLT Subsidi Gaji Cair Lagi (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 sebesar Rp600.000 dicairkan bulan ini untuk 16 juta pekerja di Indonesia. Anggaran BLT subsidi gaji ini mencapai Rp9,6 triliun.

BLT subsidi gaji Rp600.000 ini masuk ke dalam bansos tambahan senilai Rp24,17 triliun atas kebijakan pengalihan subsidi BBM.

Menteri Keteganakerjaan Ida Fauziah mengatakan, saat ini masih mematangkan untuk menjamin BLT subsidi gaji atau BSU ini tersalurkan secara cepat, tepat dan akuntabel.

“Kemnaker terus menyiapkan dan memfinalkan segala hal teknis untuk proses penyaluran BSU. Kami terus berupaya agar BSU ini dapat tersalurkan pada September 2022 ini,” kata Menaker Ida, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Pihaknya masih mematangkan langkah-langkah untuk penyaluran BSU, di antaranya penyelesaian administrasi keuangan dan anggaran untuk pengalokasian dana BSU; memfinalkan regulasi berupa Permenaker tentang Penyaluran BSU.

BSU Tahun 2022 merupakan salah satu bantalan sosial yang dikeluarkan pemerintah. Sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo, BSU dimaksudkan untuk membantu 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan.

Adapun total anggaran BSU tahun 2022 sebesar Rp9,6 triliun. Melalui BSU ini, masing-masing penerima akan mendapat bantuan sebesar Rp600.000.

"Kebijakan ini diharapkan mampu menjaga daya beli masyarakat yang terdampak lonjakan harga yang terjadi secara global,” kata Menaker.

Selain itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan terkait data calon penerima BSU. Koordinasi dengan Bank Himbara dan Pos Indonesia juga dijalin terkait teknis penyaluran BSU.

"Pada hakikatnya Kemnaker akan mempercepat proses ini untuk menjamin ketepatan dan akuntabilitas penyaluran BSU tersebut,” katanya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut