get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

RI-Jepang Ciptakan Alat Canggih untuk Dunia Kerja, Revolusi Industri 4.0

Senin, 29 Agustus 2022 | 15:14 WIB
header img
Revolusi Industri 4.0 (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan dikutip dari keterangan resminya, Senin (29/8/2022) mengungkapkan, Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang pengembangan industri 4.0 di Indonesia.

Kendati industri 4.0 erat kaitannya dengan non-human technology, lanjutnya peran manusia tetap dibutuhkan, tentunya dengan cara yang berbeda dari yang dilakukan manusia dalam industri yang lebih konvensional.

“Karena itu, dibutuhkan pendidikan dan pelatihan, termasuk yang berbasis vokasi, agar SDM Indonesia siap dalam mengimplementasikan industri 4.0 di dalam negeri,” paparnya.

Kepala BPSDMI menguraikan,  dalam upaya meningkatkan kompetensi SDM industri nasional, Indonesia telah didukung oleh berbagai pihak internasional, salah satunya dari pemerintah Jepang melalui kerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

“Kerja sama ini telah melahirkan Program Lean Monozukuri for Making Indonesia 4.0 atau LeMMI 4.0 di Politeknik STMI Jakarta dan di Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI) 4.0,” ungkapnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut