get app
inews
Aa Read Next : Wapres Wanti-wanti THR Karyawan Cair Paling Lambat H-7 Lebaran, Pengusaha Jangan Mangkir !

Profil Crazy Rich Asal Medan Donald Sihombing

Minggu, 28 Agustus 2022 | 18:40 WIB
header img
Hartanya Capai Rp19 Triliun, Ini Profil Crazy Rich Asal Medan Donald Sihombing (Foto: Istimewa)

JAKARTA,iNewsKarawang.id - Donald Sihombing yang juga pemegang saham terbesar PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS). Menjadi salah satu nama yang tercatat kedalam 21 orang taipan asal Indonesia masuk dalam jajaran orang terkaya versi Forbes tahun 2019.  Dari data majalah Forbes tersebut, kekayaannya Donald mencapai USD 1,4 Miliar atau setara dengan Rp19 triliun.

Donald merupakan pemegang saham terbesar PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS). Kepemilikan Donald di perusahaan ini mencapai 61%, melalui PT Totalindo Investama Persada. Artinya saat ini nilai kepemilikan Donald di Totalindo mencapai Rp20,17 triliun, tak jauh dari nilai kekayaan yang dirilis Forbes.

Dia menjabat sebagai Direktur Utama Perseroan sejak tahun 1996. Dia memperoleh gelar Bachelor of Science untuk Teknik Sipil dari University of Akron, Ohio, Amerika Serikat di bidang civil engineering pada tahun 1984. Dia juga memiliki pengalaman selama lebih dari 33 tahun dalam industri konstruksi. 

Donald sebenarnya pernah dipecat dari PT Total Bangun Persada Tbk. Setelah itu, Donald mendirikan Totalindo. Proyek pertama yang digarap yaitu Mal Taman Anggrek milik Grup Mulia. Proyek ini memiliki konsep superblok terbesar di Asia Tenggara.

Sejak berdiri, perusahaan Donald menggarap banyak proyek di antaranya Hotel Mulia Senayan, Hotel Four Seasons Kuningan, Roxy Square, Kalibata City, Basura City Tower, dan Grand Indonesia West Mall. 

Lain dari itu, fenomenal adalah ketika Totalindo terlibat dalam pembangunan perumahan murah yang dicanangkan Pemprov DKI Jakarta. Totalindo merupakan perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 16 Januari 2017. Saat ini nilai kapitalisasi pasar Totalindo mencapai Rp 25 triliun.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut