get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Yuk Cegah Anemia dengan Konsumsi Makanan Penambah Darah! Simak

Kamis, 25 Agustus 2022 | 20:46 WIB
header img
Makanan penambah darah, (Foto: ist)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai anemia. Apakah yang disebut dengan anemia? Anemia adalah suatu kondisi saat tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah sehat ataupun sel darah merah tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Kondisi anemia ini membutuhkan zat besi agar membantu memproduksi hemoglobin.

Karena hemoglobin berperan membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh yang membuat darah menjadi merah. Maka dari itu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi sangat baik untuk mencegah anemia.

Apa saja makanannya? Berikut 6 makanan penambah darah untuk cegah anemia yang dirangkum dari Singlecare, Senin (22/8/2022).

1. Daging merah

Saat mengonsumsi daging merah dalam satu porsi 100 gr ternyata mengandung 2,47 mg zat besi atau setara dengan 15% dari nilai harian yang direkomendasikan. Namun, saat mengonsumsi daging merah juga lebih baik dibarengi dengan sayuran hijau agar seimbang.

2. Jeroan

Makanan seperti jeroan ternyata memiliki jumlah zat besi yang cukup banyak. Seperti pada 100 gr hati goreng memiliki jumlah zat besi yang lebih besar dari daging merah yaitu 6,12 mg atau setara dengan sepertiga dari asupan harian.

3. Aneka olahan laut

Jika sangat menyukai ikan terutama kerang, selamat anda beruntung! Sebab bukan hanya rasanya yang enak, tetapi kerang merupakan sumber yang kaya akan zat besi. Jenis kerang tiram dan remis ternyata mengandung zat besi tertinggi.

4. Bayam

Salah satu sayuran hijau yang tinggi zat besi adalah bayam. Pada bayam sebanyak 100 gr, ternyata mengandung 2,71 mg zat besi. Seperti pada sayuran lainnya, 100 gr bayam kedengaran banyak namun sayur ini akan layu dan berubah menjadi setengahnya karena dimasak.

5. Kacang-kacangan

Tak hanya ramah dikantong, tetapi mengonsumsi kacang-kacangan seperti buncis dapat memberikan sumber zat besi yang tinngi dari bahan makanan nonhewani.

6. Tahu

Makanan ini sepertinya sudah sering anda konsumsi sehari-hari. Tanpa anda sadari mengonsumsi tahu dapat menambah asupan zat besi untuk tubuh, sebanyak 100 gr tahu terdapat 1,69 mg zat besi.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut