get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Begini Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari, Simak Penjelasannya

6 Manfaat Berjemur Di Pagi Hari Yang Perlu Anda Ketahui

Senin, 22 Agustus 2022 | 08:04 WIB
header img
Berjemur di pagi hari (Foto : ilustrasi)

Masih banyak orang yang menghindari sinar matahari karena memiliki efek yang bisa membuat kulit terbakar, penuaan dini, bahkan kanker kulit. 

Namun Dokter Roizen mengatakan, “Terkena sinar matahari secara teratur adalah cara ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.” Makanya tidak usah takut berjemur di pagi hari

Penelitian juga membuktikan bahwa sinar matahari pagi banyak membawa manfaat bagi tubuh seperti dilansir dari Forbes. Lalu Apa saja manfaat berjemur di pagi hari? 

1. Meningkatkan mood 

Dokter Michel Roizen mengatakan, “Matahari bekerja ke sejumlah reseptor otak untuk memengaruhi status mental dan kewaspadaan kita.” Sinar matahari akan meningkatkan kadar serotonin yang dapat meningkatkan mood. Juga dapat mengurangi risiko depresi pada penderita Seasonal Affective Disorder (SAD). 

2. Meningkatkan kualitas tidur 

Dokter sekaligus penulis Stress-Proof, Mithu Storoni menyatakan, “Semakin terang sinar matahari yang didapatkan, semakin banyak melatonin yang dihasilkan pada malam hari.” Ini merupakan hormon tidur. 

3. Meningkatkan pertumbuhan tulang 

Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan penting bagi pertumbuhan tulang. Menurut WHO, berjemur di bawah sinar matahari 5 sampai 15 menit, dua sampai tiga kali seminggu cukup untuk menuai manfaat penambah vitamin D. 

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Terkena sinar matahari secara teratur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apalagi di tengah pandemi. 

5. Mengurangi risiko melanoma 

Menurut Lancet Journal, paparan sinar matahari yang aman sebenarnya dapat mengurangi risiko melanoma. Terbukti pada pekerja luar ruangan yang memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kulit daripada pekerja dalam ruangan. 

6.Menurunkan tekanan darah 

Penelitian dari Universitas Edinburgh menyatakan, paparan sinar UV matahari pagi dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut