get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Tarian Tradisional Khas Karawang Pukau Masyarakat Dunia

Minggu, 21 Agustus 2022 | 18:59 WIB
header img
Penampilan Srikandi Lodaya pada Event TIFAF di Tenggarong. (Foto: ist)

KARAWANG, iNews.id - Srikandi Lodaya suguhkan tarian bedog lubuk pada event 1.000 jawara Nusantara yang digelar Pemerintah Daerah Bekasi dalam rangka memperingati HUT RI Ke- 77. 

Kesenian khas Karawang itu kini semakin dikenal secara luas oleh masyarakat baik secara lokal maupun internasional.

Bagaimana tidak, sebelumnya tarian bedog lubuk yang diproduksi oleh LSM Lodaya pada tahun 2021 itu telah mengikuti event-event besar diberbagai daerah.

Salah satunya, Event Tenggarong International Folk Art Festival (TIFAF) 2022 pada bulan Juli lalu.

Tak lain hal itu dilakukan, menurut Ketua LSM Lodaya, Nace Permana, untuk yang menampilkan ragam kesenian khas Kabupaten Karawang dalam skala lokal, regional, nasional, hingga internasional sebagai salah satu upaya pelestarian dan apresiasi budaya.

"Kini tarian bedog lubuk khas Karawang ini sudah mulai digemari oleh berbagai kalangan, hal itu dibuktikan dalam beberapa event baik yang digelar oleh pemerintah maupun instansi lain, kami selalu diundang untuk turut serta memeriahkan acara. Tentunya ini salah satu awal geliat kesenian khas Karawang yang mulai dikenal oleh masyarakat luas," ucapnya, Minggu (21/8). 

Disisi lain, ia mengatakan, hal tersebut menjadi salah satu faktor utama untuk mendorong kebangkitan kebudayaan khas daerah di Kabupaten Karawang.

"Kedepannya bukan hanya tarian bedog lubuk yang akan kami perkenalkan ke masyarakat secara luas, melainkan kebudayaan khas Karawang lainnya juga akan dikemas melalui lagu dengan dipadukan sebuah tarian," tutup Nace Permana.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut