get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Do'a Qunut Shalat Subuh Lengkap dengan Terjemahan

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 18:14 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: iNews.id/ist)

JAKARTA, iNews.id - Do'a qunut merupakan amalan yang biasa dilakukan oleh setiap umat muslim saat menjalankan ibadah sholat subuh. Berikut baacaannya dan terjemahan.

Melansir buku 'Salat Ilmiah' karya Arif Khamdi, qunut berasal dari bahasa Arab yang artinya ketaatan, kesungguhan, patuh, berdiri lama dan diam. Dalam istilah, qunut adalah doa yang dibaca ketika sholat mengharap rahmat, sehat dan selamat.

Bahkan, dalam hadist riwayat Al Baihaqi, dari Anas bin Malik dijelaskan keutamaan membaca doa qunut Subuh pendek Arab, yakni

"Rasulullah SAW membaca doa qunut selama sebulan mendoakan keburukan untuk mereka. Kemudian meninggalkannya. Sedangkan, pada sholat Subuh, beliau tetap membaca doa qunut hingga meninggal dunia,"

Doa Qunut Subuh Pendek

Arab: للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَتَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ

مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّوَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Doa qunut Subuh latin: Allahhummahdinii fiiman hadait, wa'a finii fiman 'aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a'thait, wa qinii syarra maa qadhait.

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik, wa innahu laayadzilu man walait, wa laa ya'izzu man 'aadait, tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.

Falakalhamdu 'alaa maaqadhait, Astaghfiruka wa'atuubu ilaik, Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi wasallam.

Artinya: Ya Allah tunjukkan lah padaku sebagaimana pada mereka yang telah Engkau beri petunjuk dan beri lah padaku pengampunan sebagaimana pada mereka yang Engkau beri ampun, dan pelihara lah aku sebagaimana pada mereka yang Engkau pelihara, dan berilah padaku keberkatan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan pada merek, dan selamatkan aku dari marabahaya yang telah Engkau tentukan.

Maka sesungguhnya Engkau lah yang menghukum dan bukan yang kena hukum, maka sesungguhnya tidaklah hina pada mereka orang yang Engkau pimpin, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi, Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau.

Maka bagi Engkau segala puji atas yang Engkau hukumkan, aku mohon ampun kepada Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau, dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

Shalat Subuh Tanpa Qunut Apakah Boleh?

Pada dasarnya hukum membaca doa qunut Subuh adalah sunnah sehingga bila dibaca mendatangkan pahala dan jika tidak dibaca tak masalah. Hal ini seperti melansir buku 'Kitab Induk Doa dan Zikir Terjemah Kitab al-Adzkar Imam an-Nawai' terbitan Mutiara Media, qunut dalam sholat Subuh hukumnya adalah sunnah.

Berdasarkan hadist riwayat Ibnu Abbas RA, “Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak melakukan qunut dalam sholat Subuh, kecuali beliau terpisah dengan dunia."

Jangan lupa amalkan doa qunut Subuh dan terjemahannya ya!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut