Logo Network
Network

Tidur Sunnah Qailulah Dapat Menguatkan Ingatan

Widaningsih/net Sindonews
.
Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:04 WIB
Tidur Sunnah Qailulah Dapat Menguatkan Ingatan
Ilustrasi. (Foto: ist)

Artikel ini akan membahas mengenai tidur sunnah qailulah. Saat mendengar istilah “Tidur Qailulah” pasti sebagian orang terdengar asing dan tidak asing, namun demikian mungkin hampir semua orang pernah melakukannya. Qailulah adalah tidur di siang hari. Tidur termasuk salah satu sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang sudah pasti mempunyai manfaat. 

Ada hadis tertulis menganjurkan tidur qailullahini, diantaranya :

“Tidurlah qailulah (Tidur Siang) karena setan tidaklah mengambil tidur siang.” (HR.Abu Nu’aim)

Demikian juga atsar dari para shahabat menyebutkan : 

‎رُبَّمَا قَعَدَ عَلَى بَابِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رِجَالٌ مِنْ قُرَيْشٍ، فَإِذَا فَاءَ الْفَيْءُ قَالَ: قُوْمُوا فَمَا بَقِيَ فَهُوَ لِلشَّيْطَانِ. ثُمَّ لاَ يَمُرُّ عَلَى أَحَدٍ إِلاَّأَقَامَهُ

“Pernah suatu ketika ada orang-orang Quraisy yang duduk di depan pintu Ibnu Mas’ud. Ketika tengah hari, Ibnu Mas’ud mengatakan, “Bangkitlah kalian (untuk istirahat siang), Yang tertinggal hanyalah bagian untuk setan.” Kemudian tidaklah Umar melewati seorang pun kecuali menyuruhnya bangkit.”(HR. Bukhari)

Waktu yang tepat untuk tidur qailulah, dikutip dari beberapa sumber, sebagaian ulama berpendapat bahwa waktunya beberapa saat sebelum Zawal (masuknya dzuhur) 

Sedangkan umumnya ulama menguatkan Qailulah setelah waktu dzuhur. Dalilnya adalah sebuah riwayat dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu ia berkata:

“Mereka (para sahabat) dahulu biasa melaksanakan shalat Jum’at, kemudian tidur Siang.”(HR. Bukhari)

Al Imam Ghazali juga menyebutkan bahwa tidur siang memiliki faidah terhadap kesehatan seseorang. Dalam penelitian dunia medis pun para ahli juga mengatakan bila rutin tidur siang, maka banyak manfaat yang akan didapat, yakni:

1. Menguatkan daya ingat

Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang membantu meningkatkan daya ingat. Peningkatan aktivitas otak saat sedang tidur juga diyakini bermanfaat untuk mempelajari bahasa asing. Kata-kata atau istilah baru akan lebih mudah diingat jika sering diperdengarkan saat sedang tidur.

2. Meningkatkan produktivitas

Tidur siang dapat melindungi otak dari pengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan konsentrasi dan produktifitas di tempat kerja.

3. Mengobati insomnia

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan kurang mengantuk, bahkan ketika malam hari sebelumnya kurang tidur.

4. Menurunkan stres

Penelitian di Jerman menunjukkan bahwa hormon stres secara dramatis mengalami penurunan setelah tidur siang, terutama jika semalam tidurnya kurang begitu nyenyak.

5. Mencegah penyakit jantung

Tidur siang yang pendek bisa mengurangi risiko penyakit seperti jantung dan stroke. Kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Yunani.

Berapa lama durasi tidur di siang hari yang tepat? Umumnya, lama yang disarankan untuk tidur siang adalah sekitar 20-30 menit saja. Ini didukung oleh data penelitian dari City University of New York, pada tahun 2010. Berikut penjelasan lengkapnya:

- Durasi tidur 10 menit, mengurangi kelelahan dan meningkatkan ketajaman otak selama 2,5 jam

- Durasi tidur 20 menit, meningkatkan reaksi dan performa otak pada kegiatan yang melibatkan angka

- Durasi tidur 30 menit, membuat mengantuk selama 5 menit pertama setelah bangun, tapi kemudian segar selama 90 menit berikutnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini