get app
inews
Aa Read Next : Kementerian ESDM Umumkan : Beli LPG Tabung 3 Kg Wajib Daftar Mulai 1 Januari 2024

780 Lampu Jalan Bertenaga Surya Dipasang Kementerian ESDM, Berikut Lokasinya

Senin, 08 Agustus 2022 | 22:53 WIB
header img
Lampu Jalan. (Foto: Okezone)

780 unit penerangan jalan umum bertenaga surya (PJU-TS) dipasang  di Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan, Jawa Timur oleh Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

"PJU-TS adalah program penghematan energi dari pemerintah dengan memberikan penerangan lampu kepada masyarakat dari sumber energi ramah lingkungan dan bukan dari fosil penghasil emisi karbon tinggi,"ungkap

Direktur Aneka Energi Baru dan Terbarukan Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Andriah Feby Misna dalam keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

Andriah menjelaskan, sebelum 2015, kita melakukan kegiatan retrofit untuk PJU-PJU yang saat itu sumber listriknya dari PT PLN

"Kita lakukan retrofit di mana saat itu tujuannya bagaimana kita bisa menghemat energi kemudian juga bisa mengurangi emisi," kata Andriah.

Pemasangan PJU-TS di Gresik dan Lamongan tersebut menyusul program serupa di Makassar, Sulsel; Cianjur, Jabar, dan Batam, Kepri.

Peresmian pemasangan PJU-TS di Gresik dan Lamongan dilakukan Feby, bersama Anggota Komisi VII DPR Dyah Roro Esti.

Kegiatan retrofit PJU-PJU tersebut, lanjut Andriah, disambut baik pemerintah daerah dan akhirnya kegiatannya berkembang dengan memberikan PJU-PJU yang tidak lagi tergantung kepada PLN dan kemudian dikombinasikan dengan pembangkit energi surya.

"Dengan memberikan PJU berbasis tenaga surya ini, maka tidak lagi bergantung kepada sumber energi listrik dari PLN," ujarnya.

Andriah berharap bantuan PJU-TS yang diberikan pemerintah dipelihara dengan baik, sehingga pemanfaatannya dapat lebih lama dan jika terjadi gangguan secepatnya menghubungi pihak terkait yang sudah ditetapkan.

"Harapan kami adalah apa yang sudah kita bangun ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan kami juga mengharapkan PJU-TS dipelihara agar berusia lama dan jika ada yang mengalami gangguan dapat menghubungi teknisi yang ada karena lampu ini mempunyai garansi tiga tahun," jelasnya.

Dyah Roro Esti mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM yang memberikan bantuan penerangan jalan umum, yang dibutuhkan dan langsung terasa dampaknya bagi masyarakat.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut