get app
inews
Aa Read Next : Timnas Yordania Tembus ke Final Piala Asia 2023, usai Bungkam 2-0 Timnas Korea Selatan

Shin Tae-yong Bawa Korea Selatan Juara, Timnas Bakal Berjaya Jika Berlaga di EAFF Championship?

Jum'at, 15 Juli 2022 | 11:45 WIB
header img
Pernah juara EAFF Football Championship, Shin Tae-yong sanggup bawa Timnas Indonesia berjaya jika tampil di ajang tersebut? (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

Shin Tae-yong pernah juara EAFF Football Championship bersama Timnas Korea Selatan. Apakah Shin Tae-yong sanggup membawa Timnas Indonesia berjaya di EAFF Football Championship andai PSSI memutuskan pindah ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF)?

Sekadar diketahui, PSSI mendapat desakan dari netizen untuk keluar dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF), imbas adanya dugaan praktik sepakbola gajah di Piala AFF U-19 2022.

Tak sekadar meminta PSSI mundur dari AFF, mereka juga memberi saran. Pencinta sepakbola Tanah Air meminta PSSI untuk pindah ke EAFF. Alasannya dengan pindah ke EAFF, level Timnas Indonesia akan terdongkrak karena rutin bentrok dengan tim-tim kuat Asia Timur seperti Jepang, Korea Selatan dan China.

Jika benar pindah ke EAFF, Timnas Indonesia bakal ambil bagian di EAFF Football Championship, turnamen regional untuk Asia Timur. Andai tampil di ajang ini, Timnas Indonesia dapat berharap kepada tuah sang pelatih, Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong berpengalaman memenangkan turnamen ini pada 2017. Saat itu, juru taktik 52 tahun ini membesut Timnas Korea Selatan.

Timnas Korea Selatan mentas di babak ketiga atau fase pamungkas EAFF Football Championship 2017 bersama tiga tim lain, yakni tuan rumah Jepang, Korea Utara dan China. Format turnamen menggunakan sistem round robin, yang mana ketiga tim di atas saling bertemu.

Nantinya, tim yang meraup angka paling tinggi berhak keluar sebagai juara. Di laga pertama, Timnas Korea Selatan racikan Shin Tae-yong ditahan China 2-2. Di pertandingan lain, Jepang menang 1-0 atas Korea Utara.

Kemudian di pertandingan kedua, Korea Selatan menang 1-0 atas Korea Utara dan Jepang menumbangkan China 2-1. Alhasil kelar matchday kedua, Jepang berada di puncak klasemen dengan enam angka, disusul Korea Selatan dengan empat poin, China (satu) dan Korea Utara (nol).

Karena itu, Korea Selatan bakal menghadapi Jepang di laga penentu. Jepang hanya butuh hasil imbang untuk keluar sebagai juara. Sementara Korea Selatan, wajib menang untuk menyegel trofi keempat mereka di EAFF Football Championship.

Gelar sepertinya bakal jatuh di tangan Jepang. Mentas di kandang sendiri, Jepang sudah unggul di menit ketiga via eksekusi penalti Yu Kobayashi. Namun, Shin Tae-yong yang memiliki mental pemenang memberikan motivasi kepada Kim Shin-wook dan kawan-kawan bahwa pertandingan belum usai.

Benar saja, Korea Selatan malah menggila dan balik menang dengan skor 4-1! Saat itu, gol-gol Korea Selatan dilesakkan Kim Shin-wook pada menit 13 dan 35, Jung Woo-young (23’) dan Yeom Ki-hun (69’). Tambahan tiga angka membuat Korea Selatan melesat ke puncak dengan koleksi tujuh angka dan keluar sebagai juara EAFF Football Championship 2017.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut