get app
inews
Aa Read Next : 80 dari 100 Ribu Anak Kena Pneumonia, Ini Data Terbaru Diungkap Peneliti Eropa

Menyebar dengan Cepat, Gelombang Baru Covid-19 Sedang Melanda Asia

Jum'at, 15 Juli 2022 | 11:38 WIB
header img
Gelombang baru Covid-19 di Asia. (Foto: Reuters)

INTERNASIONAL, iNews.id - Sekitar dua setengah tahun setelah diumumkan statusnya sebagai pandemi oleh WHO, sampai hari ini pandemi Covid-19 belum juga berakhir.

Seperti dilapor Reuters, Kamis (14/7/2022) gelombang baru infeksi Covid-19 saat ini menyebar dengan cepat di seluruh Asia. Mulai dari Selandia Baru, Australia, Jepang, Cina, Thailand, Filipina, Korea Selatan, dan bahkan Indonesia sendiri yang sekarang tengah menghadapi kenaikan angka kasus positif.

Pertama ada Selandia Baru, yang pada hari ini baru saja mengumumkan pembagian masker gratis dan tes rapid antigen sebagai upaya mengurangi tekanan pada fasilitas kesehatan. Selandia Baru, dengan populasi 5,1 juta jiwa, tercatat memiliki hampir 69.000 kasus positif dengan 765 di antaranya harus dirawat di rumah sakit.

Kelonjakan kasus juga terjadi di Jepang, pada Rabu 13 Juli lalu, Jepang melaporkan hampir 95.000 kasus, meningkat 2,14 kali lipat dibandingkan minggu lalu. Kondisi yang sejak awal tahun ini tidak pernah terlihat. Pemerintah Jepang sendiri sudah mengimbau warganya berhati-hati menjelang akhir pekan panjang yang akan datang dan musim liburan sekolah musim panas dalam waktu dekat.

Bahkan Tokyo telah menaikkan tingkat siaganya ke tingkat tertinggi. Gubernur Tokyo, Yuriko Koike menyebut ia akan segera mengadakan pertemuan dengan satuan gugus tugas untuk memutuskan langkah-langkah apa yang akan diambil sebagai penanganan atas gelombang baru Covid ini, yang dengan mempertimbangkan tren nasional dan pendapat para ahli.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut