get app
inews
Aa Read Next : Berikut 4 Deretan Makanan yang Tak Mudah Bikin Gemuk

Mari Jaga Kesehatan Paru-Paru Dengan Konsumsi 6 Makanan Berikut Ini

Rabu, 06 Juli 2022 | 19:42 WIB
header img
Jahe bagus untuk kesehatan paru-paru (Foto: Medical news today)

Artikel ini akan membahas mengenai menjaga kesehatan paru-paru. Paru-paru rentan terkena infeksi, maka dari itu harus menjaga kesehatan paru-paru. Terdapat berbagai hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru tidak hanya sayur dan buah-buahan, tetapi juga bahan-bahan makanan tertentu. Apa saja? 

Simak berbagai makanan yang sehat untuk paru-paru seperti dilansir dari Food NDTV. 

1. Bawang putih 

Bawang putih terdiri dari flavonoid. Kandungan tersebut merangsang produksi glutathione yang membantu meningkatkan kemampuan tubuh mengempas racun dan karsinogen. Bawang putih secara umum juga dapat membantu paru-paru berfungsi lebih baik. 

2. Jahe 

Jahe terkenal dengan sifat anti-inflamasi. Namun selain itu, jahe juga membantu detoksifikasi dan menyingkirkan polutan dari paru-paru. Mengonsumsi jahe dapat membantu mengurangi adanya sumbatan di saluran udara dan meningkatkan sirkulasi ke paru-paru, lebih jauh lagi, jahe bisa meningkatkan kesehatan paru-paru Anda. 

3. Cabai 

Siapa yang tidak suka pedas? Kabar baik bagi pencinta pedas, karena cabai diketahui baik untuk kesehatan paru-paru. Cabai mengandung capsaicin yang membantu merangsang sekresi dan melindungi selaput lendir dari saluran pernapasan atas dan bawah. 

4. Wortel 

Wortel mengandung kartenoid yang bagus untuk mencegah kanker paru-paru. Selain itu wortel juga mampu memperbaiki kapasitas paru untuk bernapas. Salah satu jenis karotenoid yaitu lycopene mampu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. 

5. Apel 

Apel banyak mengandung vitamin C yang erat kaitannya dengan nutrisi penangkal flu dan pilek. Vitamin C bagus untuk mencegah penyakit paru. Selain itu Vitamin C juga bagus untuk mencegah gejala asma. 

6. Kunyit 

Selanjutnya ada kunyit yang memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa kurkumin pada kunyit membantu meredakan peradangan saluran udara dan sesak dada yang berhubungan dengan asma.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut