get app
inews
Aa Read Next : BNPB Mencatat 1.915 Kejadian Bencana Terjadi Sejak 1 Januari hingga 10 Juli 2023

Deretan Makanan Ini Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh! Salah Satunya Teh Hijau

Selasa, 05 Juli 2022 | 10:31 WIB
header img
Sup ayam. (Foto: Freepik)

Saat ini sangat penting menjaga dan memerhatikan imunitas tubuh kita, hal ini lantaran sedang memasuki musim pancaroba dengan cuaca ekstrem yang tidak menentu. Terkadang panas, kemudian hujan lalu kembali panas. Selain itu, kasus Covid-19 kembali memunculkan varian baru yaitu BA.4 dan BA.5 maka dari itu menjaga imunitas tubuh wajib dilakukan agar tidak mudah jatuh sakit.

Dengan kekebalan tubuh yang prima, kita bisa menjalankan segala aktivitas dengan aman dan nyaman. Nah, meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya bisa diperoleh melalui asupan makanan yang tepat. 

Apa saja jenis makanan yang disebut bisa membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh? Menghimpun berbagai sumber, Minggu (3/7/2022) mari simak paparan enam jenis makanannya berikut ini, 

1. Jeruk: Kaya akan vitamin C yang dinilai mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian untuk kesehatan yang berkelanjutan. 

2. Bayam: Menu sayur yang umumnya disukai banyak orang ini, juga memiliki kandungan vitamin C tinggi dan ditambah dengan antioksidan dan beta karoten, keduanya dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh. 

3. Kunyit: Rempah yang biasanya ada di setiap dapur orang Indonesia ini memang terkenal memiliki manfaat yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan menurut suatu riset, konsentrasi tinggi kurkumin, yang memberi warna khas pada kunyit, dapat membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga. Tidak hanya itu, temuan dari penelian pada hewan, memperlihatkan kandungan kurkumin memberikan penguat kekebalan (berdasarkan temuan dari penelitian pada hewan ) dan antivirus. 

4. Teh Hijau: Teh hijau dikemas dengan flavonoid, sejenis antioksidan. Jika teh hijau unggul dalam kadar epigallocatechin gallate (EGCG), antioksidan kuat lainnya. Dalam penelitian, EGCG telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Dalam penyajiannya, teh hijau di sisi lainl dikukus dan tidak difermentasi, sehingga EGCG bisa dipertahankan. 

5. Sup Ayam: Comfort food yang disukai anak-anak hingga orang dewasa ini mampu memulihkan sakit pilek atau flu. Sebab kaya akan antioksidan carnosine dan anserine turunannya. Mengutip Livestrong, spesialis kedokteran keluarga Pauline Jose, MD, menyebut sup ayam dan ekstrak dada ayam bisa membantu mengencerkan dan membersihkan lendir di saluran hidung. 

6. Makanan kaya probiotik: Makanan yang kaya probiotik, seperti yogurt dan kefir bisa tmenyehatkan usus, yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut