get app
inews
Aa Read Next : Cara Polres Karawang Bersama Bhayangkari Bantu Korban Banjir

BNPB Mencatat 1.915 Kejadian Bencana Terjadi Sejak 1 Januari hingga 10 Juli 2023

Senin, 10 Juli 2023 | 20:00 WIB
header img
Foto: dok BNPB

JAKARTA, iNewskarawang.id - Ada sebanyak 1.915 kejadian bencana terjadi sejak awal tahun atau per 1 Januari hingga 10 Juli 2023 yang dicatat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kejadian bencana alam mendominasi adalah bencana banjir, cuaca ekstrem, dan tanah longsor.

Perlu diketahui, kejadian bencana banjir tercatat sebanyak 669 kejadian, cuaca ekstrem 629 kejadian, dan tanah longsor sebanyak 334 kejadian. Sementara kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sebanyak 198 kejadian.

"Kita bisa lihat secara lebih detail secara umum bahaya sejak 1 Januari hingga 10 Juli itu sudah 1.915 kali bencana, artinya sudah hampir 2.000 ini sudah mungkin lebih dari setengah jumlah kejadian bencana pada tahun 2022 lalu. Tentu saja kita berharap tidak semakin banyak dampak yang ditimbulkan oleh kejadian bencana nanti sampai akhir tahun," ungkap Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari pada Disaster Breafing, Senin (10/7/2023).

Aam sapaan akrab Abdul Muhari mengingatkan, sejumlah provinsi yang menyumbang kejadian bencana tinggi untuk bisa mengantisipasi dan memitigasi agar mengurangi dampak bencana.

“Tetap, kalau kita melihat hotspotnya, daerah-daerah mana saja yang menjadi penyumbang paling besar sebenarnya jadi dari kejadian bencana. Jadi kalau kita mau mengurangi dampaknya tentu saja provinsi-provinsi yang menjadi penyumbang kejadian bencana terbesar ini harus benar-benar bisa melakukan antisipasi dan mitigasi untuk mengurangi makin tingginya potensi kejadian bencana di daerah masing-masing. Karena makin banyak kejadian bencana tentu potensi dampaknya baik itu korban jiwa maupun harta makin besar,” kata Aam.

Sementara itu, Aam mengatakan, kejadian bencana banjir, cuaca ekstrem, dan tanah longsor masih mendominasi kejadian bencana selama tahun 2023 ini. “Kalau kita melihat jenis bencananya banjir cuaca ekstrem tanah longsor itu masih mendominasi,” bebernya.

“Tetapi sekarang karena kita sudah lepas dari fase basah kita secara regional, jadi 2020 sampai 2022 akhir atau 2023 awal kita ada fase La Nina yang pengaruhnya dari Samudra Pasifik membawa awan hujan sehingga kita dalam 3 tahun musim basah sepanjang tahun, tetapi mulai tahun ini khususnya di Maret itu mulai berubah kita sebenarnya mulai masuk fase El Nino yang seharusnya itu lebih kering. Sehingga dari awal tahun kita sudah mengkampanyekan kita sudah berkoordinasi intensif dengan daerah untuk siaga Karhutla,”imbuhnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut